Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Sunday, February 10, 2013

Apa yang Dimaksud Dengan Internet?


Apa yang Dimaksud Dengan Internet?

Saat ini adalah era Internet. Internet sangat terkenal dan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Internet merupakan bagian dari Teknologi Informasi (TI). Dengan fasilitas ini, banyak orang di dunia ini dapat melakukan banyak pekerjaan, seperti bisnis, pendidikan, politik, dan lain-lain.

Para pengguna Internet tidak hanya orang yang ahli dalam bidang komputer. Tapi orang awam juga sering menggunakannnya, seperti Facebook, Twitter, E-mail, browsing, dan lain-lain.

Apa Definisi Internet itu?
Ada beberapa definisi yang berbeda, tapi esensinya sama. Semua definisi mengacu pada jaringan global (dunia).

Secara harfiah, Internet adalah jaringan internasional (international network). Secara istilah, Internet merupakan sistem komputer yang saling terkoneksi yang mana areanya mencakup jaringan internasional (dunia), sehingga memungkinkan desktop anda dapat berbagi data, pesan, dan file dengan jutaan komputer lain yang terkoneksi ke Internet (Sadikin 2012: 19).

Dalam sebuah kamus komputer, definisi harfiah Internet itu adalah jaringan yang saling terkoneksi. (interconnection network). Secara istilah, Internet adalah jaringan komputer dalam skala global/dunia. Jaringan ini membentuk jaringan yang terkoneksi atau inter-connected network (Febrian 2004: 247).

Dua definisi di atas hanya representasi yang dapat ditulis dalam artikel ini. Beberapa definisi mungkin dapat ditemukan di referensi yang berbeda. Tapi itu untuk orang-orang yang ingin mengkajinya secara ilmiah, sedangkan bagi masyarakat umum, yang paling penting adalah bagaimana menggunakan Internet untuk menyelesaikan aktivitas/tugasnya sehari-hari

Walaupun Internet memiliki peran penting hampir di semua bidang, tapi ia memiliki peran yang lebih penting dalam dunia bisnis. Saat ini, orang-orang mengenal istilah “bisnis online”. Istilah ini mengacu pada bekerja dengan menggunakan koneksi Internet. Internet juga dipercaya dapat membantu orang untuk mengatasi masalah kesulitan dalam mencari kerja. Bahkan Internet memberikan kesempatan untuk bekerja di rumah dengan pendapatan yang luar biasa.

Internet dapat memperkuat keyakinan bahwa teknologi itu memiliki peran penting untuk mencapai tujuan finansial perusahaan melalui modifikasi dan efisiensi proses bisnis, seperti pemanfaatan e-commerce (Komputer 2006: 1).

Buku karya Wahana Komuter di atas merupakan bukti tertulis bahwa Internet dapat membantu perusahaan agar sukses mencapai suatu target-targetnya. Sebenarnya e-commerce atau bisnis online itu tidak hanya untuk sebuah perusahaan, tapi bisa bermanfaat untuk individual juga.

Dalam skala individual, saat ini orang-orang mengenal aktivitas blogging. Dalam pekerjaan ini, seorang yang dikenal sebagai blogger membuat dan memanage sebuah blow/website sendiri untuk mendapatkan uang. Pendapatannya bisa melebihi $100 per bulan. Sungguh sebuah pekerjaan yang luar biasa!


REFERENSI
Febrian J. 2004. Kamus Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.
Sadikin K. 2012. Internet dan LAN. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.
Komputer W. 2006. Apa dan Bagaiman e-Commerce. Yogyakarta: Andi.

***

Diterjemahkan dari artikelku:
Komarudin Tasdik. 2013. What is Definition of Internet? http://100keyboard.blogspot.com.

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment