Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Sunday, February 17, 2013

Definisi Sistem Informasi

Definisi Sistem Informasi


Istilah Sistem Informasi seringkali muncul dalam berbagai materi kuliah jurusan informatika, seperti jurusan Sistem Informasi, jurusan Ilmu Komputer, dan jurusan terkait lainnya. Tidak hanya dalam materi perkuliahan, tapi kedua kata tersebut sering juga masuk pada Bab Landasan Teori sebuah tugas akhir. Dengan demikian, kelengkapan definisi Sistem Informasi sangat dibutuhkan oleh mereka.

Pada artikel ini, definisi Sistem Informasi akan digali dulu dari mulai definisi sistem dan informasi, kemudian dihadirkan pengertian Sistem Informasi secara utuh dari beberapa sumber.

Sistem adalah kumpulan dari komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu (Jogiyanto [2]  2005: 34).

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya (Jogiyanto [2] 2005: 34).

Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata (Jogiyanto [1] 2005: 692)

Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan yang cerdik (Jogiyanto [1] 697).

Dalam kamus komputer dinyatakan bahwa Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan (Febrian 2004: 238-239).

Masih dalam kamus yang sama dinyatakan bahwa sistem informasi adalah sistem yang dapat menghasilkan informasi yang berguna (Febrian 2004: 238). Definisi ini senada dengan definisi dari Sistem Informasi Manajemen, yaitu sistem berbasis komputer yang dapat membuat informasi yang berguna untuk pengguna (McLeod: 427). Saat ini istilah Sistem Informasi Manajement mulai digantikan dengan istilah Teknologi Informasi (Jogiyanto [2]  2005: 3).

Jogiyanto memandang istilah Sistem Informasi sama dengan Sistem Teknologi Informasi (Jogiyanto [2]  2005: 4). Di lain pihak, Sistem Teknologi Informasi juga memiliki kesamaan makna dengan istilah Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, dan lain-lain.

Apabila melihat definisi di atas memang tidaklah mudah mencari istilah yang tepat. Akan tetapi, bagi seorang mahasiswa jurusan Informatika biasanya dituntut untuk mampu menggunakan istilah yang tepat dan mengetahui perbedaan dari berbagai istilah yang ada, minimal antara Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.

Pelajaran yang dapat diambil dari perbedaan definisi atau istilah di atas antara lain seorang mahasiswa atau dosen harus bijak ketika mendapatkan jawaban yang berbeda. Selama ada referensinya, maka jawaban yang dikemukakan layak menjadi pertimbangan kebenarannya.


REFERENSI
Febrian J. 2004. Kamus Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.
Jogiyanto [1]. 2005. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Andi.
Jogiyanto [2]. 2005. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
McLeod R. TT. Management Information System: A Study of Computer Based on Information System, 5th Edition.

***

Diterjemahkan dari artikelku:
Komarudin Tasdik. 2013. Definition of Information System. 100keyboard.blogspot.com.

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment