Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Friday, May 31, 2013

Pendekatan Pengembangan Sistem Menurut Satzinger



Terdapat dua pendekatan pengembangan sistem, yaitu pendekatan prediktif dan pendekatan adaptif. Penjelasan tentang kedua pendekatan tersebut dikaitkan dengan Systems Development Life Cycle (SDLC). Dengan kata lain, keduanya dikenal sebagai pendekatan SDLC.


SDLC adalah semua proses pembangunan, penyebaran, penggunaan dan pembaharuan sebuah sistem informasi (Satzinger at al. 36). Para mahasiswa jurusan komputer sering membahas tentang SDLC, bahkan digunakan untuk tugas mereka, seperti tesis. Mungkin, saya akan membahasnya lebih detil di artikel lain.

Pendekatan prediktif merupakan pendekatan SDLC yang mengasumsikan proyek pengembangan dapat direncanakan dan diorganisasikan dengan langsung sempurna dan bahwa sistem informasi baru itu dapat dikembangkan berdasarkan perencanaan itu (Satzinger at al. 37). Saya dapat katakan bahwa proyek itu dibuat dengan sempurna pada tahap perencanaan, kemudian pengembangan tahap selanjutnya berpijak dari perencanaan yang telah dibuat. Dalam pendekatan ini, masalah akan terjadi pada fase-fase akhir, seperti fase analisis dan implementasi. Tampaknya ia lebih serius menciptakan sebuah perencanaan yang handal

Pendekatan adaptif adalah pendekatan SDLC yang lebih fleksibel, mengasumsikan bahwa proyek tidak dapat direncanakan secara langsung sempurna, tapi harus dimodifikasi seiring dengan pengembangan fase-fase berikutnya (Satzinger at al. 37). Pendekatan ini relatif lebih nyaman untuk dipraktekkan. Jika kita menghadapi masalah dalam fase analisis dan implementasi, maka kita dapat kembali memodifikasi perencanaannya. Dengan demikian, pada setiap fase kita dapat melakukan suatu perbaikan apabila benar-benar dibutuhkan.

Kombinasi pendekatan di atas diambil untuk mendapatkan solusi terbaik. Pendekatan prediktif digunakan untuk mendapatkan perencanaan terbaik, dan pendekatan adaptif dapat digunakan untuk membuat proyek lebih fleksibel untuk mendapatkan perbaikan demi perbaikan.



Referensi
Satzinger J, Jackson R, Burd S. 2007. Systems Analysis and Design in a Changing World, 4th Edition. Canada: Thomson Course Technology.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment