Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Monday, May 6, 2013

Wafatnya Ustadz Jefri Semoga Jadi Penyemangat Blogging



Ustadz populer tanah air ini yang wafat di usia muda kadang-kadang tidak diduga. Saya cenderung menganggap azal itu merupakan hal biasa kalau menimpa orang-orang yang sudah usia lanjut, kira-kira 60-an. Tapi memang usia bukan sebuah takaran azal tiba, sejak bayi pun kita tetap berpeluang meninggal dunia.


Ustadz Jefri merupakan salah satu yang tidak disangka-sangka akan meninggal di usia 40 tahunan. Usia ini tergolong relatif muda, sehingga saya sendiri sesaat berita tersebar tidak percaya. Tapi kenyatannya memang benar.

Selamat jalan ustadz Jefri, semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Pelajaran apa yang saya coba petik dari wafatnya beliau?
Seringkali saya berharap untuk berbuat banyak untuk umat, berbuat yang besar-besar seperti mendirikan yayasan, pesantren, perusahaan, dan lain-lain. Memang cita-cita tersebut tidaklah salah, tapi kadang-kadang hal tersebut membuat saya menunda-nunda untuk berbuat baik. Akibatnya hal kecil seringkali terlupakan.

Hal kecil apa yang bisa dilakukan?
Saya mencoba mentafakuri perjalan blogging selama ini. Seringkali semangat tumbuh ketika melakukan blogging untuk mendapatkan uang, melakukan blogging untuk pepularitas. Akan tetapi, jarang sekali semangat muncul karena melakukan blogging untuk dakwah atau berbagi ilmu dan pemikiran.

Padahal kalau kita ingat blog sederhana seperti punya saya ini mendapatkan rata-rata di atas 200 page view tiap hari. Jumlah tersebut kalau dibandingkan dengan mengajar mahasiswa di kelas dengan daya tampung gemuk sekitar 40 orang, maka satu hari harus mengajar sebanyak 5 kelas. Berdasarkan pengalaman, untuk lima kelas, saya harus mengajar mulai pukul 8 pagi sampai magrib.

Berbeda dengan mempublikasikan artikel di blog. Waktu untuk membuat artikel dan mempostingnya rata-rata tidak lebih dari 3 jam per hari. Sementara page view bisa mencapai 500 per hari, cukup efektif bukan?

Dengan memperhatikan efektivitas berbagi ilmu melalui blog di atas, saya ingin sekali terus semangat blogging walaupun dengan artikel yang masih abal-abal. Semoga saja ada setitik kebaikan yang tercatat oleh malaikat pencatat amal kebaikan.

Kalau UJE sukses berdakwah langsung di depan jutaan umat. Ya, saya ingin memulai mengambil setitik pahala berbagi melalui media blog yang gratis ini.

Semangat terus blogging dan lakukan dengan ikhlas!
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment