Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Friday, June 14, 2013

Jadi Penulis di Blog Kitaabah


Banyak sekali media berbagi ilmu di Internet. Yang sangat semarak adalah banyak blogger yang dengan bebas berekspresi ide-ide kreatifnya. Berbagai platform pun menjadi pilihan.


Platform dari luar negeri yang sangat populer di dunia blogging Indonesia adalah Blogspot dan Wordpress. Dari dalam negeri, kita mengenal Kompasiana dan Blogdetik. Sekarang, saya sering membaca Mywapblog.

Di Blogspot, para blogger bisa berbagi ilmu melalui artikel yang dipublikasikannya. Di samping itu, Blogspot menjadi pilihan banyak blogger mungkin karena ia membolehkan blogger memasang iklan. Bahkan Google sendiri sang pemilik fasilitas Blogspot menyediakan lahan penuai dollar melalui program Google Adsense.

Untuk sebagian blogger yang tidak berencana mencari uang melalui blognya, mereka memilih Wordpress, Kompasiana, dan Blogdetik. Atau menggunakan Blogspot tanpa iklan satu pun. Itu pilihan masing-masing.

Akan tetapi, saya membaca beberapa komentar di Kompasiana dan Wordpress. Ternyata sebagian blogger/penulis ingin menikmati uang dari hasil kerja kerasnya menulis artikel di sana. Walaupun tidak sebesar penulis berbayar Kompas, mereka akan senang dengan sedikit rupiah yang diberikan Kompasiana kepadanya.

Memang sampai saat ini, saya masih mencari-cari blog sepopuler Kompasiana yang berbagi keuntungan kepada para blogger-nya. Tapi belum ditemukan.

Satu lagi jenis komentar di Kompasiana adalah semakin banyaknya artikel blogger yang asal-asalan. Mungkin maksudnya, hanya promosi link atau sejenisnya. Hal ini disinyalir akan membuat pamor Kompasiana semakin menurun, karena para pembaca akan enggan membaca website yang berisikan artikel sampah.

Sampai saat ini, saya juga masih belajar membuat artikel. Walaupun artikel saya tampak masih asal jadi, tapi saya berusaha untuk menghindari promosi yang tidak bertanggung jawab, penyebaran link yang berlebihan, dan sejenisnya. Saya menulis artikel sesuai apa yang sedang saya pikirkan. Tapi, kadang-kadang memuat juga artikel tentang materi pendukung kuliah. Dengan harapan, para mahasiswa yang masih kekurangan uang untuk membeli buku, mereka bisa membaca referensi di blog sederhana saya.

Berlatar belakang dari berbagi ilmu untuk kita dan generasi yang akan datang secara gratis, saya mencoba juga menyediakan Blog Jurnalisme Warga. Blog ini akan menampung artikel dari siapa pun, terutama artikel tentang pendukung materi kuliah seperti teori komputer, pendidikan, dan lain-lain.

Bayangan saya, kalau blog ini diisi artikel oleh saya sendiri, maka hasilnya akan sangat terbatas. Akan tetapi, kalau diisi oleh banyak penulis, baik dosen, mahasiswa, guru, siswa, praktisi pendidikan, praktisi Teknologi Informasi, pemerhati pertanian, dan sebagainya, maka sebuah blog akan lebih cepat dan mudah memiliki arsip artikel yang banyak dan berkualitas. Semoga saja Allah SWT memberikan kelancaran pada rencana ini. Aamiin!

Bagi sahabat-sahabat yang ingin bergabung, silahkan berkunjung ke Kitaabah.com. Terimakasih.

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment