Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Wednesday, June 5, 2013

Perkembangan Peserta Didik Dalam Buku Sunarto dan Hartono



Sejujurnya, peserta didik masih terasa asing ditelinga saya. Dulu, anak-anak yang belajar disekolah biasa disebut dengan istilah siswa/siswi, murid, atau pelajar. Namun demikian, di beberapa buku dulu juga sudah ada yang menggunakan istilah peserta didik.


Sekarang, spanduk promosi sekolah sudah jarang terlihat menggunakan istilah siswa atau murid, tapi pihak sekolah memilih menggunakan peserta didik. Misalnya, “Selamat datang para calon peserta didik tahun ajaran 2013-2014!”

Dalam jurusan yang berkaitan dengan kependidikan juga ada nama salah satu mata kuliah Perkembangan Peserta Didik. Seperti apakah deskripsi singkatnya? Dari cerita dosen, saya menangkap bahwa matakuliah tersebut membahas perkembangan anak sejak dalam kandungan sampai dewasa, baik terkait dengan kecerdasannya maupun akhlaknya.

Ini sedikit gambaran buku Perkembangan Peserta Didik yang pernah say abaca:
1.      Karakteristik dan Perbedaan Individu
2.      Pertumbuhan dan Perkembangan Remaja
3.      Pertumbuhan Fisik
4.      Perkembangan Intelek, Sosial, dan Bahasa
Perkembangan intelek adalah perkembangan dalam kecakapan mental, yang menggambarkan kemampuan berpikir. Perkembangan sosial adalah berkembangnya tingkat hubungan antarmanusia sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia (Sunarto & Hartono 2008: 143-144).

Sedangkan perkembangan bahasa adalah berkembangnya kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk bersosialisasi dengan sesamanya.

5.      Perkembangan Afektif
Dalam perkembangan afektif dibahas tentang perkembangan emosi, nilai, moral, dan sikap.

6.      Tugas Perkembangan Kehidupan Pribadi, Pendidikan dan Karier, dan kehidupan berkeluarga
7.      Penyesuaian Remaja

Jadi, kalau melihat pokok-pokok bahasa di atas, meskipun pembahasan mencakup dari usia kandungan sampai dewasa, tapi penekanan dari mata kuliah tersebut ada usia remaja atau usia sekolah.

Kenapa harus membahas usia kandungan juga?
Banyak kalangan percaya bahwa perkembangan anak remaja dipengaruhi oleh perilaku ayah dan ibunya di saat anak dalam kandungan. Bahkan seringkali terdengar ustadz membacakan ayat suci al-Quran di dekat kandungan isterinya.

Kenapa harus membahas usia dewasa?
Usia dewasa merupakan buah dari usia remaja. Karir yang diperoleh ketika dewasa seringkali tergantung perkembangan usia remajanya, meskipun tidak mutlak.



Referensi
Sunarto, Hartono A. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment