Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Saturday, April 5, 2014

Kemajuan Teknologi Informasi di Sekolah


Teknologi Informasi (TI) atau komputer sudah banyak dikaji oleh banyak orang dengan berbagai latar belakang. Salah satu contohnya adalah Teknologi Informasi sudah dipelajari di sekolah-sekolah. Di sekolah, TI diajarkan dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikas (TIK). Pelajaran ini khusus untuk sekolah SMP/MTs dan sederajat, dan SMA/MA dan sederajat. Untuk SMK mata pelajarannya berbeda lagi, seperti Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI), bahkan di SMK informatika lebih banyak lagi jumlah mata pelajaran komputernya.

Ketika saya mencari buku mata pelajaran komputer untuk SMK di sebuah pasar buku, ternyata kesulitan juga, karena banyak yang mengatakan bahwa buku SMK itu belum banyak diterbitkan. Tidak hanya itu, bahkan sebuah toko buku yang bekerja sama langsung dengan penerbit malah menawari saya untuk menulis buku. Sayangnya, belum bisa dipenuhi saat itu. Ini menjadi peluang besar bagi para penulis buku komputer.


Bagaimana hasilnya belajar komputer di sekolah? Saat ini saya mempunyai banyak mahasiswa yang berasal dari sekolah jurusan informatika. Ternyata daya serapnya relatif cepat ketika belajar komputer. Tidak hanya cepat tanggap dalam belajar komputer, tapi ketika diajak berguyon sebagai intermezzo, tapi masih berkaitan dengan informatika, mereka banyak yang memberikan respon positif. Untuk sementara saya bisa mengatakan bahwa proses belajar komputer di sekolah, khususnya tingkat menengah atas itu cukup berhasil. Berbanding terbalik dengan mahasiswa yang berasal dari non informatika atau yang masih jarang menggunakan komputer di sekolahnya, tidak hanya kurang cepat dalam menerima materi komputer, respon terhadap intermezzo saya pun masih terbilang rendah. Mungkin harus dicoba dengan topik lain kali ya…?

Paparan di atas hanya diperoleh dari hasil proses memperhatikan mahasiswa ketika saya mengajar, belum menggunakan prosedur penelitian yang komprehensif.



[Arsip tahun 2012]
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

1 comment:

  1. sekarang anak sd dan smp sudah pinter internetan ya mas, dulu saya baru kenal internet pas kuliah hehe ;D

    ReplyDelete