Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan BBM Gratis | Sunda | Kontak | Google | Gmail | Uang Adsense
Toko Baju Online Abah + Bonus
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Monday, June 23, 2014

Penulis Ayat-Ayat Setan Yang Kontroversial

Salman Rushdie adalah seorang penulis novel kontroversial, The Satanic Verses (Ayat-Ayat Setan). Beberapa ekstrimis dari Timur Tengah memberikan ancaman hukuman mati untuknya.

Salman Rushdie lahir pada tahun 1947 di Bombay, India. Ia adalah seorang penulis India yang sangat terkenal di jaman modern ini. Ia memperoleh kepopuleran di bidang sastra  pada tahun 1980 [1].

Apa yang menjadikannya kontroversial?

Ia dianggap telah menghina dan memfitnah Islam dengan meremehkan kehormatan Nabi Muhammad Saw.

Poin-poin kontroversialnya antara lain [2]:
Nama Mahound untuk Nabi Muhammad
Ia menggunakan nama “Mahound” untuk menyebut Nabi Muhammad. Nama tersebut dianggap penghinaan karena digunakan oleh pasukan Salib untuk menghina Nabi Muhammad.

Muhammad Si Pedagang Gila
Ia menyebut Mahound sebagai si pedagang gila pada saat pertama melihat malaikat JIbril.

Tuhan Itu Berketombe
Tuhan itu tidak abstrak. Dia melihat, duduk di tempat tidur, seorang laki-laki yang seusia dengannya, botak, berkacamata dan tampak berketombe.

Muhammaf Wafat Disambut Lata
Pada saat wafat, ia mengatakan bahwa Mahound bukan dihampiri oleh Malaikat Ijrail, tapi oleh berhala Lata yang berwujud perempuan.

Sayangnya, saya belum menemukan arti harfiah dari Mahound. Adapun tentang Tuhan, pendapatnya sangat di luar dugaan apalagi menyamakan usia Tuhan dengan dirinya. Padahal orang Islam mengenalnya sebagai hal abstrak.

Bahkan jawaban bahwa Tuhan itu ada di mana-mana dianggap kurang tepat oleh seorang ustadz kondang dalam ceramahnya. Namun saya tidak ingat apa jawaban yang seharusnya. Ini bisa rumit bagi orang awam seperti saya.

Yang paling aneh dari cuplikan kutipan di atas adalah bahasa yang digunakannya sangat kasar. Padahal jangankan disampaikan dengan bahasa kasar, berbeda pendapat saja sebagian orang Islam sudah bisa marah besar.

Kehadiran tulisan-tulisan kontroversial tentang Islam bisa juga bermanfaat bagi kemajuan umat Islam. Muslim itu harus banyak berpikir agar tidak timbul fanatisme buta.

Kadang-kadang saya juga menemukan orang Islam yang marah-marah ketika adanya isu kontroversial tentang kartun Nabi Muhammad, novel ayat-ayat setan seperti di atas, tapi mereka tidak mengetahui apa sebenarnya kandungan dari tulisan kontroversial tersebut dan apa dalil yang mengharamkannya.

Sampai-sampai yang tidak begitu paham tentang Islam juga suka ikut marah-marah. Sepintas ini bagus karena sebagai bentuk kecintaan kita kepada Islam. Namun di sisi lain, itu bisa lucu apabila terjadi marah-marah karena ikut-ikutan ustadz yang marah. Ini tantangan bagi kita umat Islam agar terus rajin mengkaji Islam dan bertindak tepat pada saat Islam dihina.



Source:
Controversial Writers of Recent Times. guardianlv.com
THE SATANIC VERSES: Sebuah Novel Penodaan Agama. insistnet.com

En.wikipedia

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
loading...

No comments:

Post a Comment