Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Thursday, June 26, 2014

Tunggulah Ketumpulan Internet!

Di saat Internet menyediakan ruang untuk menulis yang sangat bebas seperti blog dan media sosial, orang-orang sudah tidak dipusingkan lagi agar tulisannya dibaca orang lain.

Selama tulisannya menarik, kemungkinan akan ada pembacanya walaupun jumlahnya berbeda-beda, mulai dari puluhan hingga ribuan pembaca per hari.


Namun di saat para penulis (blogger) menulis tanpa rasa tanggung jawab, maka di saat itu publik sudah dibohongi. Semakin sering para blogger ‘nakal’ menulis tulisan palsu, maka para pembaca akan semakin tidak mempercayai tulisan-tulisan di berbagai blog.

Dugaan saya di atas muncul setelah ramainya pemberitaan hasil survey palsu yang dimuat di CNN, sebuah situs yang sudah tidak asing lagi bagi para pembaca.

Survey tersebut melaporkan bahwa pasangan Prabowo-Hatta diprediksi akan menang dalam Pilpres 2014 tahun ini. Namun ketika diselidik, ternyata tulisan tersebut muncul di blog komunitas CNN seperti halnya Kompasiana di Indonesia.

Berarti tulisan tersebut dibuat tanpa editing redaksi. Semuanya merupakan tanggung jawab penulis bersangkutan.

Tulisan palsu tersebut semoga menjadi peringatan bagi para blogger agar tidak menulis “semau gue” mentang-mentang di blog sendiri, terutama jangan pernah mempublikasikan tulisan palsu yang dapat menipu orang lain.

Kalau orang-orang ‘nakal’ membanjiri internet dengan tulisannya, bersiaplah Internet akan kehilangan pembacanya. Sayang sekali, bukan?

Perlu diingat tulisan palsu itu berbeda dengan tulisan jelek ya…


Sumber:
Kisah Survei Palsu di "CNN" yang Menangkan Prabowo. nasional.kompas.com

Jurnalis "Time" Khawatir Tulisannya soal Prabowo dan Ahmad Dhani Bahayakan Dirinya. indonesiasatu.kompas.com
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

5 comments:

  1. justru yg palsu itu yg menarik mas. bikin orang jadi bingung. siapa ya presidennya. Jokowi atau Prabowo. semakin bingung semakin orang ramai mencari informasi di google. he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..bisa aja Mas Afrid. Palsu itu memang seru, tapi sering membuat saya bingung...

      Delete
  2. Yosh, sepakat mas, semoga tidak selamanya internet seperti ini. Berharap SEO lebih tegas. Berharap si pemilik Sosmed lebih bijaksana.

    Disisi lain kepalsuan dan kebohongan yang diramu menjadi rumor sangat bikin penasaran. Ada juga gak masalah asal prosentase nya tidak sebanyak sekarang ini.. fuhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. "berharap SE lebih tegas" red.

      Delete
    2. Betul mas SE semoga lebih tegas dan kita bantu juga agar tidak terlalu merepotkan SE. he..he..

      Delete