Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Tuesday, March 12, 2013

Istilah Sistem Informasi Manajemen itu Berbeda-Beda



Istilah Sistem Informasi Manajemen itu Berbeda-Beda


Masih bicara tentang istilah Sistem Informasi Manajemen. Hal ini dilatar-belakangi kebingungan penulis tentang istilah Sistem Informasi Manajemen (Management Information System) dan Sistem Informasi (Information System). Bahkan sekarang penulis sering membaca istilah Sistem Informasi Komputer.


Dalam tulisan ini masih terfokus pada istilah Sistem Informasi Manajemen. Tidak ada konsensus terhadap definisi Sistem Informasi Manejemen (Davis & Olson 1984: 5). Dalam buku ini, dinyatakan bahwa Sistem Informasi Manejemen (MIS) itu kadang-kadang ditulis dengan istilah lain seperti: “information processing system”, “information and decision system”, “organizational information system”, atau “information system” yang berkaitan dengan sistem pengolahan informasi berbasis komputer yang mendukung operasi, manajemen, dan fungsi-fungsi pembuatan keputusan sebuah organisasi.

Jadi, Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau Management Information System (MIS) adalah user-machine system yang terintegrasi menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen, dan fungsi-fungsi pembuatan keputusan (Davis & Olson 1984: 6)

Definisi di atas sejalan dengan Kamus karangan Febrian (2004: 286) bahwa SIM adalah kumpulan manusia dan sumber-sumber daya.

Dapat dipahami bahwa SIM itu mencakup sistem komputer dan manusia. Bagaimana dengan istilah Sistem Informasi, apakah mencakup sistem komputer dan manusia juga? Sementara itu, para mahasiswa jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika sering menggunakan istilah Sistem Informasi sebagai pelengkap judulnya, misal: “Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru”, benarkah?

Semoga bisa dibahas pada artikel yang lain.


Referensi
[1] Davis GB, Olson MH. 1984. Management Information Systems: Conceptual Foundations, Structure and Development, 2nd Edition. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

[2] Febrian J. 2004. Kamus Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.

***

Diterjemahkan dari artikelku:
Komarudin Tasdik. 2013. Term of Management Information System is various. 100keyboard.blogspot.com
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

1 comment: