Ekspresi | Belajar HTML dan PHP | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kuliah Sistem Informasi,
PMB Online STMIK Jabar 2020
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting dan CMS Wordpress
Inkubator | Daftar Isi | Bisnis Bitcoin | Tools Penting | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Tuesday, July 2, 2013

Iklan di Header Blog Tidak Disukai Google


Baru juga bersemangat mengubah posisi iklan, tiba-tiba saya berkunjung ke sebuah website yang menyatakan bahwa peletakkan iklan di header blog itu tidak disukai Google Panda. Dampaknya adalah penurunan rating blog di mata search engine, terutama Google.


Ada juga blogger yang mengatakan bahwa saat ini iklan di header tidak terlalu menguntungkan karena para pengunjung sudah semakin enggan memperhatikannya, apalagi harus mengkliknya. Sehingga ia menyarankan untuk tidak memasang iklan di header.

Bagaimana menurut penyedia iklan?
Berikut ini saya berikan jawabannya yang diambil dari website Qadabra:



Pada gambar di atas iklan terlalu banyak. Meskipun ada penyedia iklan yang membolehkan 3-5 iklan dalam satu halaman blog, tapi tampaknya tidak disarankan oleh Qadabra. Iklan yang terlalu banyak boleh jadi akan membuat pengunjung kabur.

Peletakkan iklan seperti pada gambar di atas disarankan oleh Qadabra. Cukup tiga buah iklan saja dalam satu halaman. Akan tetapi, saya masih enggan mencobanya karena tampak iklan berada dalam artikel. Yang saya rasakan, iklan seperti ini menyulitkan pengunjung yang mau melakukan copy-paste untuk disimpan ke komputernya masing-masing.


Gambar di atas menunjukkan ukuran iklan yang besar tidak bermasalah apabila peletakkannya tepat. Tapi tetap, saya belum mencobanya karena iklan berada di dalam artikel, juga di atas artikel (saya melihatnya hampir sama dengan meletakkan iklan di header).


Iklan pada gambar di atas aman di mata pengunjung, tapi sangat jauh dari keuntungan sebuah iklan. Kalau iklan PPC, maka kemungkinan klik sangat kecil. Kalau iklan CPM, minat dari pengiklan mungkin sangat kecil juga. Saya seringkali memilih posisi ini demi kenyamanan pengunjung.


Pemasangan iklan seperti gambar di atas disarankan Qadabra, tapi saya belum mencobanya karena berkali-kali saya khawatir pembaca terganggu dengan posisi iklan bersatu dalam artikel.

Jadi, mau taat ke mana kita?
Google
Atau penyedia iklan
Atau pengunjung?

Selamat merenung untuk menemukan jawabannya…!




Catatan:
Gambar semuanya diambil dari qadabra.com

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di WA dan FB Gratis!

2 comments:

  1. Terimakasih infonya gan, apa GA bisa disimpa ditempat yang sama dengan Qadabra?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut info yg saya dapatkan bisa. Namun hati-hati juga jangan sampai blog kita terlalu banyak iklan. Qadabra sendiri menyarankan 3- 5 iklan saja, bahkan melalui e-mail Qadabra tampak lebih suka maksimal 3 iklan saja.

      Delete