Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Saturday, February 22, 2014

Ringkasan Tentang Analis Sistem Informasi Menurut Satzinger

Analis sistem adalah seseorang yang memecahkan masalah bisnis menggunakan teknologi sistem informasi. Pemecahan masalah berarti melihat masalah secara detil, memahami segala sesuatu tentang masalah, membuat beberapa alternatif untuk memecahkan masalah tersebut, dan kemudian menentukan solusi terbaik. Sistem informasi biasanya bagian dari solusi tersebut, dan pengembangan sistem informasi itu lebih dari hanya menulis program.


Sistem adalah kumpulan komponen-komponen yang saling berinteraksi yang berfungsi bersama-sama mencapai suatu tujuan. Sistem informasi memuat komponen-komponen, dan tujuan sistem informasi adalah solusi untuk masalah bisnis. Sistem informasi dapat dibayangkan sebagai subsistem yang berinteraksi atau seperti hardware, software, input, output, data, manusia, dan prosedur.

Banyak jenis sistem yang berbeda-beda mengatasi masalah organisasi, meliputi sistem pemrosesan transaksi, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan dan berbasis pengetahuan, serta kombinasi yang mengintegrasikan sistem-sitem tersebut, yang sering disebut dengan enterprise application (aplikasi perusahaan).

Analis sistem membutuhkan ilmu yang banyak dan berbagai skill, meliputi pengetahuan dan skill teknis, bisnis, dan orang. Perilaku integritas dan etika sangat penting untuk kesuksesan seorang analis.

Para analis menghadapi berbagai teknologi yang sering berubah dengan cepat. Pekerjaan analisis dan desain sistem dilakukan oleh orang-orang dengan berbagai job titles, bukan hanya oleh analis sistem tapi juga analis programmer, konsultan sistem, engineer sistem, dan Web developer. Para analis juga bekerja untuk perusahaan konsultasi, sebagai kontraktor independen, dan untuk perusahaan-perusahaan yang menghasilkan paket-paket perangkat lunak.

Analis sistem dapat terlibat dalam perencanaan strategis dengan bekerja sama dengan para eksekutif pada proyek-proyek khusus, bersamaan dengan proyek-proyek reengineering proses bisnis, dan dengan bekerja pada perencanaan strategis perusahaan.

Para analis juga membantu bisnis-bisnis dalam usahanya memilih dan mengimplementasikan sistem perencanaan sumber daya perusahaan. Kadang-kadang proyek perencanaan strategis sistem informasi itu dilakukan untuk organisasi secara menyeluruh, dan para analisis juga sering terlibat.

Biasanya analis sistem bekerja pada proyek pengembangan sistem, memecahkan masalah bisnis yang diidentifikasi dengan perencanaan strategis. Analis harus berpikir bagaimana bekerja pada proyek pengembangan sistem, menyelesaikan perencanaan proyek, analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, dan aktivitas-aktivitas pendukung sistem.


Sumber:

Satzinger JW, Jackson RB, Burd SD. 2007. System Analysis and Design in Changing a World, 4th. Canada: Thomson. Hlm. 29.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment