Ekspresi | Belajar HTML dan PHP | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kuliah Sistem Informasi,
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting dan CMS Wordpress
Inkubator | Daftar Isi | Bisnis Bitcoin | Tools Penting | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Thursday, June 12, 2014

Definisi Pengertian dan Manfaat Silabus Adalah

Istilah silabus sudah tidak asing lagi bagi para guru di sekolah-sekolah, maupun bagi para dosen di berbagai perguruan tinggi. Mereka menyampaikan materi pembelajaran biasanya berpijak dari silabus, meskipun dalam prakteknya bisa fleksibel.

Pengertian Silabus      
Secara bahasa, silabus adalah garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau garis-garis besar program pembelajaran.


Sedangan secara istilah, silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Untuk mengingat pengertian di atas, kita bisa mengingat format sebuat silabus yang biasanya dalam bentuk tabel seperti ini:
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Dst.
Sumber Belajar
Materi Umum
Pokok Bahasan

Seperti buku, dll.


Manfaat Silabus
Manfaat silabus adalah sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Salah satu yang dirasakan dari manfaat silabus adalah adanya kemudahan pada saat guru utama berhalangan hadir, kemudian digantikan oleh guru impaler (pengganti). Guru pengganti akan lebih mudah menyampaikan materi baru karena susunan pengajaran sebelumnya sudah disampaikan secara sistematis.

Namun perlu diingat juga bahwa masih banyak guru/dosen yang kaku dalam menggunakan silabus, sehingga mereka hanya memiliki target pertemuan I harus selesai Bab I, pertemuan II harus selesai Bab II. Mereka tidak peduli apakah siswanya memahami materi yang disampaikan atau tidak. Ini masih terjadi di sekolah ataupun di perguruan tinggi.


Sumber:

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Hlm. 244-245.

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di WA dan FB Gratis!

No comments:

Post a Comment