Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Sunday, August 24, 2014

Rapat Dosen Tidak Selalu Harus Tatap Muka

Kalau rapat dosen bertujuan untuk bersilaturahmi langsung, tatap muka memang tidak bisa ditolak.

Namun kalau rapat dosen bertujuan untuk menerima input dan berdiskusi, maka rapat tidak selalu harus tatap muka. Kita bisa melakukan diskusi secara online seperti dalam Yahoo group atau Google group. Minimal via e-mail.

Keunggulan rapat melalui online:

1.      Masukan tidak tergantung pada satu hari saja, tapi kapanpun dosen memiliki ide atau saran, maka mereka bisa langsung menuliskan pada forum online tersebut.
2.      Forum online nyaris tanpa batas tidak seperti rapat dosen yang hanya memungkinkan menampung 3 atau 5 pertanyaan saja.
3.      Tidak semua dosen rajin berdiskusi di kelas, tapi melalui forum online boleh jadi lebih berani karena ditulis dengan kondisi mood bagus.

Apabila kampus kita telah mengaktifkan forum online khusus untuk dosen, maka ketika keputusan finalnya bisa dilakukan pada rapat dosen tatap muka. Jadi, dosen datang pada rapat tatap muka tidak dengan pikiran kosong, melainkan mereka sudah mengetahui topik lebih rinci yang akan dibahas pada rapat tatap muka tersebut.

Konsep rapat yang membuat peserta rapat datang dengan pikiran kosong karena pokok bahasan baru disampaikan pada saat rapat dibuka sudah terjadi sejak saya belum lahir 32 tahunan yang lalu.

Namun bagi sebagian peserta rapat yang mengetahui esensi rapat biasanya enggan membudayakan rapat tangan kosong tersebut. Mereka memilih untuk memperoleh informasi pokok bahasan tentang rapat sebelum rapat diselenggarakan, sehingga rapat bisa selesai dalam waktu 1 jam saja, padahal biasanya berlangsung lebih dari 3 jam.

Lalu, apakah kita menyelenggarakan rapat itu hanya seremonial atau ingin memperoleh kritik dan saran yang membangun ya…?

Catatan:

Rapat alot juga sering terjadi di organisasi-organisasi mahasiswa.Para peserta rapat baru berpikir pada saat rapat dibuka karena sebelumnya sama sekali tidak tahu pokok bahasan rapat, selain tema besar yang ada dalam undangan rapat. Ini kebiasaan primitif….. Kapan berubah ya…?
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment