Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan FB Gratis | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kuliah Sistem Informasi,
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Saturday, September 27, 2014

Cara Memilih Hosting Bagi Blogger Pemula

Pembahasan di sini difokuskan pada cara memilih hosting berdasarkan alamat blog (url). Hal ini sepintas tidak terlalu berbeda, tapi sangat berpengaruh juga pada masa depan sebuah blog.

Mungkin kita pernah melihat alamat blog seperti ini:
Komarudintasdik.katabah.com
Katabah.com/komarudintasdik


Sebagian blog ketika diketik alamat Komarudintasdik.katabah.com atau Katabah.com/komarudintasdik di browser Google Chrome sama-sama saja.

Namun tidak semua blog dapat diakses dengan alamat Katabah.com/komarudintasdik. Misalnya, blog yang dibuat di Wordpress dan Blogspot.

Lalu, apa pengaruhnya?

Blog yang hanya diakses dengan alamat seperti Komarudintasdik.katabah.com, biasanya Google Rank dan Alexa Rank dari masing-masing subdomain berbeda. Misalnya, Komarudintasdik.katabah.com dan hot.katabah.com akan berbeda Rank-nya.

Sedangkan alamat katabah.com/komarudintasdik dan katabah.com/hot memiliki Google Rank dan Alexa Rank yang sama.

Sepintas alamat katabah.com/komarudintasdik tampak lebih unggul. Namun saya pernah membaca bahwa ada sebuah domain yang memiliki 10 subdomain. Ketika salah satu subdomain tidak diindeks (tidak dibaca) search engine (seperti Google), maka semua subdomain tidak terindeks juga. Alhasil, pengunjung pasti menurun, kan?

Saya teringat sekitar setahun yang lalu pernah membaca bahwa ada sebuah website besar luar negeri yang memberikan fasilitas blog gratis seperti Blogspot, namun dengan format seperti katabah.com/komarudintasdik. Saat itu, pernah kehilangan pengunjung juga karena tingkat pengindeksan Google semakin menurun terkait tulisan-tulisannya yang tidak disukai Goolge.

Melihat kedua contoh di atas, buat alamat katabah.com/komarudintasdik, selain patut bergembira karena tidak perlu kesulitan mencari Rank untuk setiap blog baru, tapi perlu waspada juga: “Jangan-jangan buruknya satu domain akan berpengaruh terhadap hilangnya pengunjung subdomain lain, bahkan terhadap domain utamanya.”

Memangnya apa yang buruk?
Keburukan sebuah blog tidak selalu muncul karena ulah spamming yang disengaja. Mungkin saja, ada broken link, peletakan foto yang acak-acakan atau bahkan gambar-gambar dari sebuah artikel hilang karena artikel diperoleh dari hasil impor yang tidak sempurna.

Jadi, alamat blog komarudintasdik.katabah.com akan diindeks Google mulai dari nol, Alexa Rank harus mulai dari nol, Google Page Rank pun dari nol (NA).

Sedangkan pengindeksan Google, Alexa Rank dan Google Page Rank untuk alamat katabah.com/komarudintasdik akan mengikuti domain utamanya. Jadi, kalau domain utamanya punya Alexa Rank 100.000, maka blog (subdomain) baru yang belum diisi artikelpun pun akan langsung memiliki Alexa Rank 100.000. Akan tetapi, kalau Alexa Rank domain utamanya kembali gemuk (jelek), maka Alexa Rank subdomain pun akan ikut gemuk.

Fenomena di atas bisa jadi pertimbangan pula ketika mau memutuskan sewa hosting, bukan?

Ini baru dugaan saya setelah memperhatikan beberapa kejadian di beberapa blog milik saya dan orang lain. Pendapat Anda?



"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di WA dan FB Gratis!

1 comment:

  1. ngga ngerti saya mas hosting-hostingan. kalau punya saya hostingnya gratis aja deh dari google

    ReplyDelete