Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan BBM Gratis | Sunda | Kontak | Google | Gmail | Uang Adsense
Toko Baju Online Abah + Bonus
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Sunday, April 19, 2015

Dalil Quran Puasa Ramadhan

Kekuatan dari puasa sebenarnya sudah harus bisa dipetik walaupun tidak hapal dalil Qurannya karena puasa merupakan bentuk menerpa diri yang sudah dilakukan para nenek moyang kita, baik Islam maupun non-Islam sejak dulu.


Bahkan saya sering ngobrol dan memperhatikan binatang yang berpuasa juga (tentunya dengan caranya sendiri), seperti:
1. Ular yang tinggal di gua. Ia baru keluar kalau sudah ganti kulit dan tubuh yang lebih besar dan mungkin saja lebih menyeramkan dan gagah di hadapan manusia.

2. Ayam yang mengerami telurnya hingga menetas dan menjadi anak ayam.

Ular berganti kulit dan ayam menetaskan telurnya itu bukanlah dilakukan dengan cara asal-asalan. Ayam yang tidak baik (fokus/rajin) mengerami telurnya besar kemungkinan banyak telurnya yang tidak menetas alias induk ayam tersebut akan gagal memiliki anak.

Tidak ada salahnya, walaupun diposisikan Tuhan sebagai makhluk yang lebih mulia dari ular dan ayam, kita tetap mengambil pembelajaran dari kerja keras ular dan ayam tersebut, sehingga melalui puasa sudah selayaknya kita berubah menuju yang lebih baik, minimal ada kemauan berubah.

Karena kita juga sangat berbeda dengan ular dan ayam, maka dengan hapal dalil kewajiban berpuasa Ramadhan, insyaAllah akan lebih menambah kesungguhan kita dalam berpuasa. Berikut ini dalilnya yang termaktub dalam Q.S. al-Baqarah (2) ayat 185.


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِى أُنْزِلَ فِيْهِ الْقًرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَتِ مِنَ الْهُدَى وَالْفًرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخْرَى يُرِيْدُ اللهُ بِكُمُ الْيُسْرَوَلَا يُرِيْدُبِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتًكْمِلُوْا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوْا اللهَ عَلَى مَا هَدَىكُمْ وَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Artinya:
185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.


Kamus Kecil Bahasa Inggris dan Arab
Sakit (sick): مَرِيْضٌ
Perjalanan (trip): سَفْرَةٌ
Mudah (easy): يَسِيْرُ
Sukar (difficult): صَعْبٌ
Ayam(chiken):دُجَاجٌ

Kamus Kecil Hanzi Bahasa Mandarin
sakit: : bing
perjalanan: 行程: xingcheng
mudah: : qing
sukar: : shen
ayam:: ji

Kamus Kecil Kanji Bahasa Jepang
sakit: 病気
perjalanan:経過
mudah: 易しい
sukar: 難しい
ayam:

Kamus Kecil Hiragana dan Katakana Jepang
sakit: byoukiびょうき(ビョウキ)
perjalanan: keikaけいか(ケイカ)
mudah: yasashiiやさしい(ヤサシイ)
sukar: muzukashiiむずかしい(ムズカシイ)
ayam: niwatoriにわとり(ニワトリ)




"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
loading...

No comments:

Post a Comment