Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan BBM Gratis | Sunda | Kontak | Google | Gmail | Uang Adsense
Toko Baju Online Abah + Bonus
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Friday, May 8, 2015

Komunitas Bloggerku Semakin Banyak Dikunjungi



Curhat dulu ya… J
Pada saat kitaabah.com berjalan menggunakan platform Wordpress berbayar terasa sangat menggembirakan karena banyak penulis lepas berdatangan.

Namun setelah hosting bisnisku tak mampu lagi menampung traffic-nya, sedih malu dan kesal juga. Masa hanya didatangi 7.000an pageviews per hari sudah harus upgrade lagi. Angka 7.000 itu juga sangat jauh akurasinya dengan hitungan statistik Google Analytics yang hanya mencatat 1.000an pageviews saja. Mengenaskan sekali!


Ya tinggal upgrade lagi saja ke VPS, gitu aja kok repot?
Bagi saya, upgrade itu bukan hanya nambah biaya sewa hosting yang jauh lebih mahal, tapi kemampuan mengelola VPS juga menjadi tantangan tersendiri. Ngelola Wordpress saja masih banyak kebingungan alias terus main Plugin, bagaimana nasib saya kalau pakai VPS?

Masa harus bayar lagi orang lain untuk mengelola VPS? Saya bisa habis modal. Akhirnya, saya putuskan berakhir di blog komunitas penulis lepas. Teman-teman yang menjadi partner saya mungkin kecewa, para penulis pun mungkin kecewa juga. he..he..

Kenapa enggak pindah saja ke Blogspot, kan bisa mengundang penulis juga?
Blogspot hanya membolehkan 100 penulis saja. Dengan jumlah ini mana bisa sebuah blog disebut blog komunitas penulis lepas. Publikasi artikel juga sangat dibatasi, yaitu 20 hingga 30 artikel per hari. Ini hanya cocok untuk blog dengan satu atau dua orang penulis.

Beku beberapa bulan. Saya putuskan untuk tidak aktif lagi di Kitaabah, walaupun tetap online.

Saya coba melihat daftar blog yang sudah lama di-follow dan tidak pernah digunakan karena saya blogwalking menggunakan catatan di Notepad. Hi..hi..

Ternyata enak juga lihat alamat blog di dashboard, tapi enggak enaknya saya harus mencari alamat blog orang lain yang susah sekali menemukan blog yang update sesuai topik yang saya sukai.

Tiba-tiba muncullah ide minta bantuan para pengunjung untuk merekomendasikan alamat blog yang mereka sukai, boleh miliknya sendiri atau milik orang lain. Kemudian saya putuskan Kitaabah menjadi blog yang berisi blog-blog yang saya follow, sambil minta rekomendasi alamat blog dari para pengunjung yang berkenan.

Targetnya enggak banyak, minimal dari 1000 pengunjung itu mungkin ngasih 10 judul blog juga saya sudah bahagia.

Eh, sekarang sudah lumayan ada blogger yang berdatangan ke kitaabah.com. Selain ngirim alamat blognya, mereka juga nampilin judul artikel terbarunya di Kitaabah.

Tak disangka, tak diduga, sekarang saya tak perlu kesulitan mencari artikel terbaru para blogger yang baik hati.

Thank you teman-teman yang sudah ngasih bacaan buat saya. J


"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
loading...

2 comments:

  1. Sekarang kayaknya ada Google+ Koleksi mas, disana gratis mas kita bisa melakukan atau menaruh link blog lain di Google+. coba deh mas di sana gratis. bisa kayak Kompasiana, kaskus juga bisa.

    ReplyDelete
  2. Itu seperti Fanspage di Facebook enggak Mas?
    Saya takut kesulitan nyari teman lagi, seperti FBku yang kesepian. ha..ha..

    Tambahan lagi di versi mobile enggak muncul ya...?

    ReplyDelete