Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan BBM Gratis | Sunda | Kontak | Google | Gmail | Uang Adsense
Toko Baju Online Abah + Bonus
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Wednesday, December 23, 2015

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Metode Taba



Hello Katabah!
Setelah memutuskan untuk membuat satu blog baru yang khusus berisi tentang Tes Vocabulary Bahasa Inggris Online, sekarang saya mencoba mengenalkan metodenya.

Kalau berbicara sebuah metode, para pakar biasanya suka memberikan sebuah nama untuk metode yang ditemukannya. Kalau tidak diberikan oleh penemunya, maka para pengguna metode tersebut akan memberikan nama atau istilah tersendiri yang unik.


Mungkin saja cara mudah belajar bahasa Inggris yang suka dipaparkan saya belum layak disebut sebuah metode yang disejajarkan dengan para pakar bahasa Inggris.

Akan tetapi, saya memaksakan diri untuk menamainya agar mudah mengenalkannya kepada orang lain. Berikut ini nama yang pernah diperkenalkan tentang gaya belajar bahasa Inggris saya:

1. Sundanese style (Sundanese-English)
Saya mengucapkan bahasa Inggris dengan logat Sunda. Bahkan pola kalimatnya pun sangat mirip dengan ungkapan bahasa Sunda.

2. Gaya Komarudin Tasdik
Awalnya, saya ingin menyebut gaya belajar bahasa Inggris yang ditulis di blog tercinta ini dengan nama sendiri saja. Tapi nama saya khawatir terlalu panjang untuk diingat. Di samping itu, takut terlalu ngaku-ngaku sebagai penemu original, padahal banyak menggunakan berbagai sumber.

Saya ingat banyak para blogger dan para penulis buku cetak yang mengaku tulisannya itu asli buatan sendiri sehingga melarang keras orang lain untuk mengutip tanpa seizinnya. Padahal mereka juga telah mengutip artikel atau buku orang lain tanpa izin. He..he..

3. Gaya Katabah
Karena saya sering menulis di blog personal ini (Katabah.com), maka ingin juga menyebut cara mudah belajar bahasa Inggris yang saya lakukan itu dengan nama Metode Katabah.

Namun saya merasa enaknya nama metode itu cukup dua suku kata saja karena banyak sekali brand atau label ternama yang menggunakan dua suku kata, misal:
Google: dibaca gu-gel
Yahoo: dibaca ya-ho atau ya-hu
Kompas: dibaca kom-pas
Youtube: dibaca yu-tub

Dengan pertimbangan dua suku kata itulah, saya memendekkan nama Katabah menjadi Taba. Awalnya: Ka-Taba-H. Dengan nama Taba berarti memenuhi 2 suku kata, ta-ba. Jadilah sekarang nama Taba akan dikenalkan sebagai cara mudah belajar bahasa Inggris ala saya yang mungkin saja berbeda dengan kebanyakan orang lain.

Kenapa saya berani menamai dengan Metode Taba, metode buatan sendiri? Apakah benar-benar berbeda dengan orang lain?
Saya belum melakukan penelitian untuk menjawabnya. Tapi saya beberapa kali dianggap aneh oleh orang lain, misal:

1. Seorang guru bahasa Inggris pernah menegur saya karena dianggap model mengajar bahasa Inggris saya merusak aturan kebahasa-Inggrisan
Kenapa?
Karena saya pernah mengisi waktu kosong di sekolah dengan mengajak para siswa menyanyikan lagu gubahan saya dalam bahasa Inggris dengan nada Es Lilin Mah Ceuceu (lagu Sunda)

2. Sering ditertawakan karena bahasa Inggris saya belopotan
Belepotannya di mana?
a. Saya mencampur bahasa Inggris, Indonesia dan Sunda
b. Saya membaca teks bahasa Inggris apa adanya, misal: good dibaca good, bukan gud; book dibaca book, bukan buk.

Awalnya, saya menerima saja ditertawakan dan dikatakan belepotan. Namun ketika saya mengecek tulisan bahasa Inggris orang-orang yang menertawakan tadi dan mengatakan belepotan kepada saya, ternyata bahasa Inggris mereka jauh lebih amburadul dari saya. he..he..

Memang penilaian ini sangat subyektif karena saya yang mengeceknya. Tapi saya mengecek hanya dari penggunaan aturan sederhana saja, misal:
a. Penggunaan do/does
b. Penggunaan s/es

Dengan dua indikator di atas, mereka yang sudah menertawakanku, ternyata belum paham. Dari situlah, saya menganggap bahwa Metode Taba harus dicoba untuk diperkenalkan. He..he..

Ingin tahu contoh penerapan Metode Taba? Silahkan tes kemampuan vocabulary kamu di vocabinggrisonline.blogspot.com

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di WA dan FB Gratis!

No comments:

Post a Comment