Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan BBM Gratis | Sunda | Kontak | Google | Gmail | Uang Adsense
Toko Baju Online Abah + Bonus
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Sunday, October 16, 2016

Mengatasi Jendela Aplikasi Terbuka Banyak Otomatis Komputer

Hello Katabah!
Tidak lama setelah adikku menelpon dan mengeluhkan komputer kantornya mengalami error, aplikasi antivirus SMADAV terbuka banyak secara otomatis, eh Abah sendiri malah mengalami error hampir serupa.
Tapi error di komputer Abah, yang terbuka bukan hanya satu aplikasi, melainkan hampir semua aplikasi, seperti: Mozila Firefox, Windows Explorer, Windows Media Player, Virtual Box, bahkan aplikasi modem juga ikut terbuka.

Di Firefox, sering terjadi Open Tab otomatis. Tida hanya open (buka), tapi Close Tab (tutup halaman) terjadi pula.

Abah sudah curiga ada virus. Namun, setelah benar-benar diperhatikan, aplikasi tidak terbuka otomatis secara acak (random). Akan tetapi, terbuka saat disorot kursor mouse.

Misal, Abah mengarahkan kursor (panah mouse) ke Microsoft Word, maka akan terbuka banyak sekali jendela Microsoft Word.

Abah mulai curiga ada masalah dengan mouse. Apalagi mouse yang digunakan adalah mouse yang dibeli pada tahun 2003. Mouse tersebut biasa digunakan untuk service komputer sendiri saat mouse yang lain digunakan oleh orang lain atau komputer lain. Malas mindah-mindah mouse dan sayang kalau harus beli mouse baru selama yang ada masih bisa digunakan.

Karena masih menggunakan bola mouse, Abah membukanya. Kemudian membersihkankannya dengan lap kering. Setelah dimasukkan, ada sedikit perubahan. Tidak terlalu mudah open tab atau open windows otomatis, tapi kadang-kadang masih terjadi.

Sepulang dari undangan pernikahan keponakan, Abah melihat ada toko aksesoris komputer. Diputuskanlah untuk membeli mouse murah dengan colokan USB. Harganya Rp 25.000.

Sebenarnya Abah ingin membeli yang colokannya ada dua, yakni USB dan ada sambungan colokan serial (yang bulat warna hijau). Namun, penjualnya malah menawarkan sambungan serial untuk menggabungkan USB keyboard dan mouse ke lubang mouse dan keyboard serial (bulat). Harganya Rp 25.000 juga.

Padahal Abah pernah membeli satu paket dengan mouse dulu hanya sekitar Rp 35.000an. Jadi, Abah bisa mencolokkan mouse ke port USB atau serial. Cukup pasang atau sambung saja. Sambungan serialnya bukan berupa kabel tapi mirip port (lubang) lebih pendek dari flashdisk.

Akhirnya, Abah hanya membeli mouse USB Rp 25.000. Hasilnya, komputer berjalan normal kembali. Open Tab otomatis tidak terjadi lagi. Error sudah teratasi. Saatnya bekerja lagi. he..he..

Baca juga:
Bunyi Krekek di CPU Komputer Nyala, Rusak Apanya?
Monitor Hitam Panah Kursor Diam
"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
loading...

Iklan Baris Gratis
Tampilan lebih besar, klik di sini

No comments:

Post a Comment