Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan FB Gratis | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kuliah Sistem Informasi,
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Sunday, October 19, 2014

Kenapa Masih Ngotot Pakai Hosting Berbayar? Bagus Mana, Blogger dan Wordpress?

Kalau ada yang gratis, kenapa harus bayar? Begitulah kira-kira pertanyaan yang ada dalam pikiran banyak blogger.

Daripada menggunakan Wordpress yang mana harus membayar sewa hosting lebih baik Blogger/Blogspot saja sudah jelas-jelas gratis dan fasilitasnya sangat mumpuni.


Lalu kenapa masih ramai pakai hosting berbayar? Apakah mereka hanya ikut ramai saja? Apakah mereka hanya untuk gengsi?

Berikut ini sedikit gambaran perbandingan Wordpress di hosting berbayar dan Blogger yang gratis 100%:

1. Para blogger yang tidak suka ngotak-ngatik script pemrograman sebaiknya Wordpress menjadi pilihan karena bisa menggunakan plugin.

2. Wordpress berbayar lebih mudah diindeks search engine seperti Google. Ini dipercaya banyak blogger senior.

3.Wordpress berbayar tidak takut dihapus Google. Untuk poin ini, saya tidak setuju 100% karena kalau blog Wordpress kita ‘nakal’ (melakukan spamming atau melanggar), Google bisa menendangnya. Tidak hanya itu, meskipun menggunakan Wordpress berbayar, namun selama postingan kita jelek, tetap saja tidak disukai pengunjung.

4. Sebagai perbandingan sederhana antara Wordpress dan Blogger yang tanpa optimasi apa-apa ternyata sangat mengherankan saya, yaitu:
Ditinjau dari total pageview, blog Wordpress berbayar dengan skala 300 pageview per hari bisa lebih bagus dari Blogger dengan 1.000 pageview per hari. Ini sangat berpengaruh juga pada pendapatan sebuah blog.

Lalu apa beberapa kehebatan Blogger/Blogspot dibandingkan Wordpress pada hosting berbayar?

1. Blogger/Blogspot tidak membatasi jumlah pengunjung, sementara Wordpress hosting berbayar yang harganya Rp 70.000an (kelas premium) hanya mampu menampung 5.000 pengunjung dan hosting lebih dari Rp 100.000an (kelas bisnis) hanya mampu menampung 10.000 pengunjung.

2. Melihat jumlah pengunjung maskimal di atas tampaknya para blogger pemula masih merasa nyaman karena blognya masih jauh dari 5.000 pengunjung per hari, 500 pengunjung juga belum mampu!!! Namun jangan lupa, ada lagi batasan di Wordpress hosting berbayar, yaitu penggunaan CPU .

Penggunaan CPU ini bisa membuat jengkel pengguna hosting berbayar karena blog dengan kurang 1.000 pageview saja sudah bisa terkena blokir sehingga blog tidak dapat diakses.

Untuk mengatasi pemblokiran CPU karena CPU limit (melebihi penggunaan CPU), blog harus didesain sangat ringan. Dengan demikian, desain yang penuh dengan widget, iklan dan banyak postingan yang banyak mejeng di halaman depan blog berplatform Blogger/Blogspot tidak mungkin dilakukan di Wordpress hosting berbayar tertentu, kecuali punya triknya.

Mungkin kita pernah melihat halaman depan blog yang hanya berisi satu postingan. Nah, ini mungkin saja dilakukan pemilik blog agar tidak melebihi penggunaan CPU yang berujung blog tidak dapat diakses.

Jadi, Wordpress di hosting berbayar dan Blogger yang super gratis memiliki keunggulan masing-masing. Kita harus kerja keras untuk sukses menggunakan keduanya.

Backup data sebaiknya dilakukan secara manual dalam bentuk Microsoft Word di komputer masing-masing karena backup yang dihasilkan dari fasilitas ekspor Blogger atau Wordpress bisa saja error, terutama gambarnya.


Punya pengalaman lain?

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di WA dan FB Gratis!

8 comments:

  1. saya tidak setuju sama point ini:

    3.Wordpress berbayar tidak takut dihapus Google. Untuk poin ini, saya tidak setuju 100% karena kalau blog Wordpress kita ‘nakal’ (melakukan spamming atau melanggar), Google bisa menendangnya. Tidak hanya itu, meskipun menggunakan Wordpress berbayar, namun selama postingan kita jelek, tetap saja tidak disukai pengunjung.

    Blog wordpress memang tidak bisa dihapus oleh Google, karena kita menggunakan hosting sendiri, alias kita tidak memakai hosting yang disediakan oleh pihak Google.inc.

    Google hanya bisa menghapus indeks blog wordpress kita yang ditampilkan di hasil penelusuran Google, alias blog terkena pinalty. Blog yang terkena pinalty bisa bisa diakses dengan baik.

    ReplyDelete
  2. jujur aja mas, saya ngga tahu caranya makai yg prabayar tu gimana caranya ya mas yg hosting hostingan. lagian nih saya udah jatuh cinta banget ama blogger.
    kalau ada yg gratis ya pakai yg gratis aja deh saya. he he..,

    ReplyDelete
  3. Komentar dan pendapatnya bagus bagus sekali. Sedikit pengalamana juga meski masih dibilang awal, blogger terasa lebih ringan dan hampir tidak ada server down karena memang dari google.

    Saya sendiri menggunakan keduanya karena kebutuhannya sendiri-sendiri, namun lebih nyaman menggunakan blog karena alasan simpel. Lebih enjoy di blogger, wordpress juga bagus untuk seo, blogger juga.. nah malah jadi bingung kan.. :P hehehe, komentar ini untuk ramai ramai saja ya..

    Namun, kalau ada manfaatnya boleh juga lho diambil ^_^

    ReplyDelete
  4. ENAKnya di WP adalah kita dipermudah banyak plugin, dan SEO bisa dengan mudah di jalankan. Tidak bisa dipungkiri, penggunaan Blogger apabila tau tekniknya juga sangat bagus. Tapi..jika trafik blog kita tinggi, maka Google melalui Blogger dengan rasa tidak berdosa akan menghapus blog Anda. Tidak ada yang benar-benar gratis di dunia ini.

    Satu hal lagi yang harus dipertimbangkan adalah, blog yang hosting di Blogger sangat mudah di tumbangkan! Apabila ada blogger lain yang tidak senang dengan Anda dan dia tau caranya (dengan software tertentu), maka dalam hitungan hari saja Anda akan say 'goodbye' dengan blog Anda.

    Saya menggunakan keduanya. Startup pakai blogger, jika sudah berkembang sebaiknya segera berpindah ke WP.

    Sumber referensi: pengalaman 10 tahun di dunia blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeri juga ya hosting di Blogger bisa ditumbangkan. Mungkin untungan-untungan ya Mas karena ada blog keren yang masih bertahan sampai sekarang, masih bukan custom domain lagi. Benar-benar penuh teka-teki.. :)

      WP itu bagus, tapi bayarnya itu he...he.. Masa kelas bisnis enggak bisa nampung lebih dari 1.000 unique visitors per hari???

      Delete
  5. Apa yang anda utarakan tidak sesuai dengan fakta,..
    poin demi poin yang anda utarakan kebanyakan salah,.. harap pelajari lebih jauh tentang web hosting baru bicara tentang web hosting,..

    Hanya kritik dan saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, komentar seperti ini spam bukan ya...?
      Dari kata-katanya bagus, tapi masa tulisan saya dikatakan tidak sesuai fakta. Itu kan saya tulis dari pengalaman sendiri. Ada yang tahu ini spam atau bukan ya? :)

      Delete