Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan FB Gratis | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kuliah Sistem Informasi,
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
Jurnal STAI al Falah
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Saturday, December 13, 2014

Cara Memperpanjang STNK 5 Tahun dan Ganti Plat Nomor Sepeda Motor

Kalau hanya bayar pajak tahunan, kita bisa membayarnya ke Samsat mana saja karena sudah online. Namun jika 4 kotak cap/stempel di STNK sudah terisi semua, maka kita harus memperbaruinya lagi ke Samsat asal sesuai alamat STNK.

Istilah lain dari perbaruan STNK tersebut adalah memperpanjang STNK 5 tahun. Langkah ini otomatis akan mengganti plat nomor sepeda motor.

Berikut ini langkah-langkahnya (TANPA CALO) bagi yang lupa lagi atau masih belum tahu: J

1. Kita bawa sepeda motornya (Harus!)

2. Hubungi ke bagian formulir cek fisik (Kalau tidak ada papan informasi, tanyakan saja ke bagian informasi). Kalau ada calo, lewaaat… dan bilang dengan senyum manis: “Maaf, saya mau sendiri.”

3. Bilang ke bagian formulir cek fisik: “Maaf Pak/Bu, STNK saya sudah habis.” Nanti STNK kita akan diperika oleh petugas. Kemudian diberi formulir cek fisik yang akan diisi oleh petugas lain.

4. Tidak jauh dari ruangan formulir cek fisik, biasanya ada sepeda motor yang ngantri dicek fisik. Kalau tidak ditemukan papan informasi, tanda-tandanya banyak motor yang dibuka jok. Atau… nanya aja ke petugas pemberi formulir cek fisik tadi.

5. Demi kelancaran cek fisik, sebaiknya kita membawa kunci untuk membuka baut kotak penutup sebelah samping kiri (untuk motor lama)

6. Kembali lagi ke ruang pemberi formulir cek fisik untuk diberi formulir lagi. Kita akan disuruh memfoto copy STNK, BPKB dan KTP di ruang foto copy setempat. Tukang foto copinya sudah lebih tahu. Kita bayar foto copy kira-kira Rp 5.000 hingga Rp 7.000

7. Masuk ke bagian informasi. Bilang: “Maaf Pak, saya mau memperpanjang STNK.” Petugas akan menyuruh kita ngambil map untuk berkas semua foto copian dan aslinya (STNK, BPKB, KTP, hasil cek fisik).

8. Ngantri…untuk mendapatkan nomor antrian

9. Petugas akan memanggil nama kita (nama yang sesuai di STNK). Map akan dikembalikan ke kita dilengkapi 2 lembar nomor antrian.

10. Kita menuju ruang Perpanjangan STNK 5 Tahun. Simpan map dan ambil satu lembar nomor antrian. Kalau belum yakin, bilang ke petugasnya: “Maaf Pak, saya mau perpanjang STNK. Betul di sini?”

11. Untuk memastikan, tanya juga ke teman di samping kita. J Di sini bisa ngantri lama sekali sekitar 1 jam…..he..he..

12. Petugas akan memanggil nama kita sesuai STNK dan menyuruh melengkapi formulirnya yang diberi tanda olehnya, makanya kita harus punya pulpen sendiri. Isi formulir sesuai STNK atau BPKB. Isinya seputar merk motor, warna motor, nama kita, alamat kita. Jangan lupa ditanda tangan.

Ketika ngisi formulir ini bisa saja ada calo menghampiri dan mengatakan harus mengisi formulir dengan sangat lengkap. Namun jangan hiraukan, kita ngisinya sesuai kemampuan saja. Nomor-nomor yang tidak kita tahu, kosongkan saja. Yang penting identitas kita dan identitas motor sesuai STNK yang kita pahami sudah diisi.

13. Kumpulkan lagi ke petugas yang nyuruh ngisi formulir tadi daaaan….ngantri lagi tentunya…

14. Siap-siap saja uang. Kita akan dipanggil oleh petugas di ruang/loket pembayaran.
Menurut hasil obrolan, kisaran uangnya seperti ini:
Motor keluaran tua (1992): total kurang dari Rp 200.000
Motor keluaran 2011: Rp 380.000an
Motor 2009: kurang dari Rp 300.000

15. Duduk lagi nunggu antrian STNK baru di loket Perpanjangan STNK 5 Tahun. Atau nanya saja sama petugas atau teman, benarkah tempat antrian kita? Maksudnya, agar suara petugas yang memanggil kita terdengar.

16. Tidak terlalu lama, petugas memanggil antrian kita. STNK baru pun diberikan ke kita. Petugas akan menyuruh kita ke bagian pengambilan plat nomor yang biasanya ada di luar gedung (di samping tempat cek fisik)

17. Berikan STNK baru kita. Satu lembar akan diambil oleh petugas, yang satu buat kita. Ngantri lagi…..

18. Tidak terlalu lama, nama kita akan dipanggil dan plat nomor motor baru pun sudah diberikan. Cek lagi plat nomor dan STNK, sudah benarkah sesuai nomor sebelumnya?

19. Semua prosedur perpanjangan STNK berikut bayar pajak dan plat nomor sudah beressssss. Jangan lupa, ucapkan: “Terimakasih” disertai senyum kebahagiaan. J

20. Plat nomor bisa dipasang di rumah atau di bengkel kesayangan Anda…

Tambahan:
* Jam Kerja Samsat:
Senin-Kamis: 08.00-14.00 (Istirahat 12.00-13.00)
Jumat: 08.00-14.00 (Istirahat 11.30-13.00)
Sabtu: 08.00-11.00 (tanpa istirahat)

Tentang jam kerja ini boleh dicek di Internet, kalau-kalau saya lupa J

* Usahakan makan dulu sebelum masuk kantor Samsat karena orang lain jarang sekali yang makan-makan

* Usahakan, datang ke kantor Samsat sebelum waktu istirahat agar tidak keburu tutup

* Sebelum mulai cek fisik sebaiknya ke toilet dulu agar tidak kebelet dalam antrian. Hiks..hiks…

* Selain uang yang telah disebutkan di atas tidak ada lagi yang harus dikeluarkan.
* Ketika mau foto copy, sebaiknya plastik STNK bekas disimpan di saku karena kadang-kadang hilang

* Pakaian yang dipakai bebas. Namun ada yang bilang sebaiknya yang rapi saja karena kadang-kadang petugas kita ada yang hanya suka ramah pada orang yang terlihat rapi karena dianggap pejabat. Ha…ha…


Tralala…..

Orang bijak taat pajak. Kini Samsat sudah terbebas dari calo agresif….. J

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di WA dan FB Gratis!

No comments:

Post a Comment