Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan BBM Gratis | Sunda | Kontak | Google | Gmail | Uang Adsense
Toko Baju Online Abah + Bonus
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Wednesday, March 18, 2015

Buku Apa Untuk Mulai Belajar Bahasa Inggris?

Ketika ingin belajar bahasa Inggris, biasanya muncul pertanyaan: “Harus beli buku apa ya…?

Jawabannya pasti relatif. Setiap orang yang ditanya mungkin saja memiliki jawaban atau rekomendasi buku yang berbeda.

Saya sendiri memiliki rekomendasi buku seperti ini:


1. Buku Grammar (Tata Bahasa Inggris)
Jika kita ingin belajar grammar yang disajikan dengan pembahasan yang mudah, saya menggunakan buku:
Amrozi M. TT. English Grammar: Tata Bahasa Inggris (Grammar Tingkat Lanjut). Gresik: Bintang Pelajar.

Meskipun dikatakan buku di atas “grammar tingkat lanjut”, saya menggunakannya sebagai buku grammar pertama yang saya baca.

2. Buku Percakapan bahasa Inggris
Banyak sekali buku percakapan yang biasa digunakan, termasuk kita bisa mengambil dari Internet sesuai topik yang kita inginkan. Misal, kita sering kuliah, maka pelajari dulu percakapan-percakapan tentang sekolah; kalau kita suka kerja, maka pelajari percakapan di lingkungan kerja.

Saya sendiri menggunakan buku seri. Totalnya ada 6 buku kecil-kecil. Namun saya hanya mempelajari dari buku 2 hingga 6 karena buku 1 terlalu mudah dan cocok untuk anak SD.

Ini identitas bukunya:
“Peter Strevens and English Language Services, Inc. 1970. English 901: A Basic Course. Great Britain: The Macmillan Company.

3. Kamus bahasa Inggris
Saya hanya belajar bahasa Inggris percakapan di kampus. Jadi, sebagian besar saya mempelajarinya secara otodidak. Pernah juga private selama 6 bulan, satu pertemuan dalam seminggu kepada kakak.

Jadi, modal yang paling penting buat saya adalah kamus bahasa Inggris-Indonesia dan kamus bahasa Indonesia-Inggris.

Saya menggunakan kamus bahasa Inggris karangan John M. Echols dan Hassan Shadily. Edisi Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggrisnya terpisah ya… (jadi, ada 2 buku/kamus). Kamus ini bisa digunakan oleh kita sampai kuliah dan bekerja, seperti jadi penerjemah. Covernya ada warna Kuning-Hijau-Merah atau Merah-Kuning-Ungu

Dengan kamus ini, saya sering latihan menerjemahkan buku-buku kuliah, buku sekolah dasar, SMP, SMA ke dalam bahasa Inggris walaupun grammar-nya masih banyak sekali salah, tidak masalah. Ini sangat bagus untuk menambah kosakata bahasa Inggris saya.

Agar bahasa Inggris saya tidak terlalu ke-Indonesia-Indonesiaan, maka saya juga suka mencari arti dari buku atau bacaan bahasa Inggris, seperti buku pelajaran bahasa Inggris SD, SMP dan SMA, koran, dari internet, dll.

Kalau tak mau membeli kamus dulu, kita bisa menggunakan kamus online (Anda bisa lihat menu KAMUS di blog ini). Bisa juga meng-install kamus 2.02 (saya mendapatkan software-nya dari teman, tapi coba cari di Google karena file-nya kecil, tapi kelengkapannya nyaris sama dengan kamus karya John M. Echols.

Bisa juga menggunakan kamus Google Translate. Tapi karena kita dalam rangka belajar, saya sarankan menerjemahkannya harus per kata.

Dengan demikian, keperluan buku untuk mulai belajar bahasa Inggris itu tergantung target awal kita:
“Apakah ingin jago percakapan?” Maka beli buku percakapan.
“Apakah ingin jagi tatabahasa (grammar)?” Maka beli buku grammar.

Kalau saya disuruh milih dari ketiga kategori buku di atas, buku grammar, percakapan atau kamus?
Saya memilihnya KAMUS.

Dengan kamus ini saya bisa membuat kalimat bahasa Inggris menggunakan pola kalimat bahasa Indonesia. Tidak masalah, kan. Bahkan bisa nambah vocabulary/kosakata.

Dengan kamus, saya bisa mencari tahu arti semua teks bahasa Inggris, baik di buku cetak, maupun di Internet; yang mudah maupun yang sangat sulit.

Dengan kamus, saya bisa praktek bahasa Inggris tiap hari, tiap waktu, tanpa perlu mencari partner belajar. Belajar saja sendiri, menulis ke, mencari arti ke, menghapal kosakata yang sering kita gunakan, atau apa ke yang penting ada kata-kata bahasa Inggrisnya.

Semoga bermanfaat!
"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
loading...

No comments:

Post a Comment