Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan BBM Gratis | Sunda | Kontak | Google | Gmail | Uang Adsense
Toko Baju Online Abah + Bonus
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Friday, April 10, 2015

Islam Bukan Agama 'Terbaik'

Kalau dada Anda merasa tersentak dengan membaca judul di atas, tenangkan dulu! Mungkin minum susu dulu atau makan goreng-gorengan dulu. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian keluarkan dengan perlahan-lahan. J

Saya sering kali mendengar orang Islam berkata bahwa “Islam itu agama terbaik di dunia ini. Sangat aneh kalau kita mencari agama selain Islam.”


Dengan ungkapan di atas, maka muncullah kesombongan diri seorang Muslim bahwa “Kita ini orang Islam, pasti masuk surga. Mereka itu orang kafir, pasti masuk neraka.” Padahal Rasulullah pernah memuji orang karena akhlaknya, bukan karena keimanannya. Hi..hi.. (ini harus jadi pembahasan tersendiri)

Kenapa saya mengatakan “Islam Bukan Agama Terbaik?”
Kalau kita memaknai bahwa Islam itu paling baik di antara agama-agama lain, seperti Kristen, Hindu, Budha, dll, maka kita minimal harus sudah memahami (bukan hanya membaca dan menghapal ya..) tentang kitab milik umat Kristen, Hindu, Budha, dll.

Sementara yang terjadi adalah jangankan membaca kitab Injil atau yang lainnya, membaca terjemah Quran saja belum pernah selesai, apalagi tafsirnya.

Apakah kita pantas mengatakan bahwa Islam itu agama paling baik? Padahal kita baru tahu bahwa Islam agama terbaik itu mungkin dari penilaian para ulama, bukan karena kita benar-benar telah membandingkan Islam dengan agama lain. Penilaian para ulama itu juga baru sebatas pemahaman harfiah, bukan benar-benar memahaminya.

Karena ketaklidan seperti inilah, kita tidak pantas menyombongkan diri dengan Islam yang dianut, dan menghina orang non-Muslim.

Saya sendiri memaknai Islam agama terbaik itu seperti analogi berikut ini:

Saya mengambil jurusan komputer. Kemudian saya mengatakan bahwa jurusan komputer adalah jurusan terbaik.

Ini tidak berarti saya memahami betul jurusan selain komputer. Namun saya hanya menduga bahwa jurusan komputer adalah jurusan terbaik, terutama bagi saya sendiri.

Nah, Islam juga diyakini sebagai agama terbaik karena memang saya tahunya baru Islam, namun belum pernah tahu tentang agama lain.

Jangankan mau tahu tentang agama lain, tafsir Surat Alfatihah juga belum benar-nar paham. J

Konsep Tuhan di Kristen kan menganut Triniti (Tiga Tuhan)? Memangnya kita tahu bahwa orang kristen menganggap Tuhan Yesus seperti orang Islam menganggap Tuhan Allah? Belum tentu, kan?

Orang Hindu kok menyembah patung? Apakah kita sudah tahu bahwa orang Hindu itu benar-benar menyembah patung? Orang Islam sendiri sering tergopoh-gopoh ingin mencium Ka’bah yang mana memungkinkan muncul multi tafsir, antara lain:
1. Kita dianggap mengkeramatkan Ka’bah (padahal katanya tidak boleh)
2. Kita dianggap menyembah Ka’bah (padahal kita hanya menyembah Allah)

Namun orang-orang non-Muslim boleh jadi menganggap bahwa kita mencium Ka’bah itu seperti mereka menyembah patungnya. Pusing kan….???


Makanya jangan sok tau menyalahkan agama orang lain….hi..hi…

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
loading...

No comments:

Post a Comment