Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Thursday, July 16, 2015

Download Kamus Arab-Indonesia Gratis Sudah Ada Lagi

Game untuk meningkatkan perbendaharaan kata bahasa Arab sudah ada 3 edisi. Namun yang kemarin diaktifkan link download-nya baru yang edisi 1 karena saya menyusun kamus mininya dulu.


Sekarang Kamus Mini Arab-Indonesia sudah siap download. Untuk mencari arti kata dari Kamu Katabah ini tidak perlu mencari asal kata, langsung saja sesuai teksnya yang muncul. Bahkan di edisi ketiga, teks yang muncul bisa dicopy-paste sehingga akan lebih cepat pencarian arti katanya.

Game Katabah edisi 2 dan 3 juga sudah siap upload. Lho…!

Sekali lagi, game bahasa Arab ini memang sangat sederhana, namun yang saya rasakan sangat membantu ketika menghapal mufradat (vocabulary). Bahkan game yang pertama sudah dipakai oleh anak-anak tetangga. Ternyata mereka merasa lebih bersemangat belajarnya!

Agar hasil belajar bahasa Arabnya lebih bagus, maka kreativitas guru atau kita sendiri bisa dikembangkan. Misalnya, jangan langsung ingin mengerjakan 70 soal, tapi cukup 15 soal dulu.

Selama kita belum memperoleh skor 150, maka kita fokus dulu saja mengingat-ingat arti kata dari nomor 1 sampai 15 dengan bantuan Kamus Katabah yang sudah kita download.

Ingaaat..! Jangan berpikiran curang. Misal, kamu hanya menghapal bahasa Indonesianya saja karena toh urutan soalnya tidak berubah-ubah. Kalau cara tersebut dilakukan, maka selain kamu sudah curang (jahat kepada diri sendiri), tapi kamu juga akan rugi karena di game berikutnya akan semakin banyak kata yang berulang, baik diambil dari game 1, game 2, game 3 atau game lainnya (pengambilannya diacak). Dengan demikian, kalau kamu curang (tidak tahu betul bahasa Arabnya), maka kamu harus kelelahan melihat arti dari kamus lagi.

Jujur saja ya…! Kan sudah ada bantuan Kamus Bahasa Arabnya J

Dalam prakteknya, penggunaan Game Katabah tentang Belajar Bahasa Arab bisa dilakukan seperti pertandingan (kalau digunakan untuk lebih dari 2 orang seperti di kelas atau bersama teman), misal:
1. Siapa yang memperoleh skor tertinggi, maka ia pemenangnya.
2. Yang memperoleh skor tertinggi dalam waktu paling singkat, maka ia pemenangnya.


Hasil yang mengejutkan, anak-anak tetangga saya minta agar setelah Lebaran nanti, saya tetap mengajarkan bahasa Arab, padahal sebelumnya disuruh menghapal Quran juga sudah mulai bermalas-malasan. Semoga mereka semakin rajin belajarnya. Mohon doanya ya…! J
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment