Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Sunday, October 25, 2015

Harus Berjilbab, Hijab, Kerudung Dalil Quran dan Bahasa Arab

Hello Katabah!
Seperti biasa, pada posting ini, saya menganggap bahwa jilbab, kerudung, kudung dan hijab itu memiliki arti/definisi yang sama, yakni kain yang digunakan untuk menutup rambut kepala.

Dalil Qurannya cukup panjang juga, yakni Q.S. an-Nuur 24: 31. Di sini, saya kutip penggalannya saja ya, seperti ini:


وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنَتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَرِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوْبِهِنَّ ....
Artinya:
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya….”


Apabila ingin membaca ayat di atas secara utuh, silahkan lihat saja Terjemahan Quran. Isinya mencakup rincian siapa saja yang boleh melihat wanita tampil tanpa jilbab. Dengan kata lain, wanita boleh tidak berjilbab atau memperlihatkan perhiasannya di depan orang-orang yang disebutkan pada ayat di atas.

Akan tetapi, kalau hanya ingin fokus pada kewajiban berjilbab dan ingin dalil yang lebih pendek lagi, maka cukuplah penggalan ini:

.... وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوْبِهِنَّ ....

Artinya:
….Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya….”


Belajar Bahasa Arab
Dibaca “ ‘ala juyubihinna” (عَلَى جُيُوْبِهِنَّ), bukan “ ‘ala juyubuhunna” karena kata tersebut didahului “ ‘ala” (عَلَى) yang merupakan salah satu dari huruf jar.

Kita tahu bahwa apabila kata benda (isim) didahului huruf jar, maka harokat akhirnya harus jar pula. Salah satu ciri jar adalah kasrah.

Mari kita lihat juga contoh penerapan huruf jar pada pelajaran bahasa Arab dengan kosakata umum (bukan kutipan ayat Quran) berikut ini:

اَنَا أَجْلِسُ عَلَى الْكُرْسِيِّ
(Saya duduk di atas kursi)

هُوَ يَرْجِعُ مِنْ حَدِيْقَةِ الْحَيَوَانَاتِ
(Dia pulang dari kebun binatang)

Yang termasuk huruf jar pada kedua contoh di atas adalah عَلَى dan مِنْ. Yang dijarkan (dikasrahkan) karena huruf jarnya adalah kata الْكُرْسِيِّ dan حَدِيْقَةِ.


Artikel Terkait:

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment