Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Thursday, January 14, 2016

Cara Cepat Menguasai Vocabulary Bahasa Inggris Plus Sertifikat



Kunci sukses menguasai suatu bahasa adalah vocabulary (kosakata). Seberapa penting pun tata bahasa, tanpa vocabulary, komunikasi tidak akan terjadi. Padahal manfaat penting dari bahasa adalah untuk komunikasi.

Maka lahirlah beberapa cara untuk menghapal vocab (vocabulary). Namun karena setiap orang berbeda-beda daya hapalnya, maka satu metode tidaklah cocok.


Bagi yang sangat kuat hapalannya, maka 10.000 kata bisa dihapalnya dalam waktu cepat. Akan tetapi, bagi yang hapalannya lemah, jangankan 10.000 kata, 100 kata saja sudah menyerah.

Padahal ada yang mengatakan bahwa lulusan SMP itu bisa ditarget lebih dari 1.000 kata. Agar dapat berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan 2.000 kata. Non-mahasiswa biasanya dapat menguasai 10.000 kata. Sementara itu, untuk memahami berita membutuhkan penguasaan 30.000 kata.

Angka 30.000 kata memang cukup logis karena kamus bahasa Inggris-Indonesia terkenal di negeri ini, yakni karangan John M. Echols memuat lebih dari 31.000 entri. Setahu saya, satu entri itu bisa satu kata, satu frase atau satu kalimat.

Bukti nyata bahwa kemampuan 30.000 kata tersebut memang menandakan penguasaan bahasa Inggris seseorang sangat bagus terlihat pada seorang penerjemah yang bisa merampungkan proyek-proyek terjemahannya hanya dengan bantuan kamus John M. Echols tersebut.

Lalu cara cepat menguasai vocabnya bagaimana?
1. Ada yang mengahapal vocab baru 10 kata per hari
2. Ada yang rajin menerjemahkan setiap hari minimal 30 menit
3. Ada juga yang menggunakan media interaktif seperti Tes Vocab di blog saya

Salah satu keunggulan Tes Vocab di blogku tidak memfokuskan pada “mengahapal”, tapi fokus pada “memahami”. Media interaktif online tersebut juga dapat mengatasi kita yang tidak punya partner untuk praktek atau yang masih malu-malu berbicara dengan orang lain.

Bahkan saya ingin membuat pola Tes Vocab Plus Sertifikat gratis tersebut untuk mendorong seseorang agar mampu menjadi penerjemah. Minimal mampu memahami berita online.

Punya cara sendiri? Silahkan saja yang penting happy…! :D
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment