Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan BBM Gratis | Sunda | Kontak | Google | Gmail | Uang Adsense
Toko Baju Online Abah + Bonus
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Thursday, June 30, 2016

Cara Menanam Bayam Untuk Pemula Sekali



Hello Katabah!
Sambil menunggu pertumbuhan kangkung darat dan sosin (sawi) yang diperkirakan akan panen setelah Lebaran, Abah sudah mulai menanam bayam di pot halaman rumah juga.


Panen kangkung dan sosin? Kok, cepat amat ya?
Iya, panennya kan masih sedikit karena nanamnya juga baru sedikit. Panen pertama tersebut bukan untuk dijual, tapi untuk dimasak sendiri saja. Kalau berjalan mulus, mungkin bisa dibagi gratis ke tetangga yang mau. Hi..hi..

Lalu, bagaimana cara menanam bayam?
Pertama, alasan Abah menanam bayam karena memang di rumah orangtua Abah dulu suka ada bayam ditanam di halaman rumah atau di kebun. Walaupun jumlahnya tidak banyak, tapi kami sekeluarga sudah sangat kenal dengan rasanya sayur dan goreng bayam.

Bahkan, kalau tidak salah, ibuku pernah membuatkan bala-bala bayam atau bakwan bayam. Jadi, biasanya, bakwan itu dicampur kol dan wortel. Nah, ibuku tercinta mencampur kol dan bayam. Rasanya bagaimana? Lezaaat….!

Cukup dulu tentang cerita lezatnya kuliner bayam. Sekarang Abah berbagi cara menanam bayam di pot dulu ya…

1. Beli polybag (pot plastik) harganya Rp 500 per buah
Jika membelinya per kilo, maka Rp 20.000 akan mendapatkan sekitar 58 buah polybag. Abah membeli polybag dengan ukuran 20 cm x 30 cm.

2. Beli benih bayam Rp 15.000 per kantong plastik
Berapa biji isinya? Wuaaaaaaah, buuuanyak sekali…! Di luar kantong plastiknya tertera keterangan: potensi hasil per hektar kurang lebih 16 ton. Bijinya sangat kecil-kecil, tampaknya lebih kecil dari biji sawi. Jadi, berhati-hatilah ketika ingin menuangkan biji bayam. Abah menggunting kantongnya selebar sendok makan. Kemudian, mengambilnya dengan sendok makan pula (seujung sendok). Ini juga dilakukan di atas mangkung agar ketika tumpah, biji bayam tidak jatuh ke tanah.

3. Isi polybag tersebut dengan tanah. Jangan dulu banyak-banyak, 5 pot juga cukup sebagai percobaan pertama!

4. Siram pot yang sudah terisi tanah tersebut!
5. Taburkan biji bayam menggunakan sendok makan sedikit-sedikit
Abah memperkirakannya sekitar 15 bijian (lebih juga tidak apa-apa). Ini mungkin terlalu banyak, tapi penasaran karena pengalaman di kangkung darat biasanya tidak tumbuh semua. Benih 15 biji tersebut disebar saja pada satu pot ya….!

Abah sengaja tidak membuat lubang untuk biji bayam karena kesulitan menghitungnya. Kalau kangkung darat kan bijinya lebih besar sehingga bisa menaruh sekitar 3 atau 5 biji dalam satu lubang. Dalam satu pot berisi 15 biji.

6. Siram lagi biji bayam yang sudah ditebar pada pot tersebut
7. Lakukan penyiraman pagi dan sore setiap hari.

Itulah Cara Menanam Bayam Untuk Pemula. Semoga kita bisa panen bayam dari halaman rumah sendiri ya… Good luck!

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
loading...