Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Saturday, June 11, 2016

Pohon Beringin Agar Air Subur



Hello Katabah!
Ini penting nih bagi yang daerahnya suka kekeringan, baik warga sekitar maupun para aktivis lingkungan. Meskipun tidak menjamin 100% akan banyak air, tapi biasanya daerah yang ditumbuhi Pohon Beringin, airnya banyak.


Salah satu daerah yang ada di Cisewu Garut Selatan suka kekeringan ketika musim kemarau datang. Kami harus jauh-jauh mencari air ke pesawahan.

Di pesawahan itu, ada dua sumber mata air. Nah, yang paling besar airnya adalah yang di atasnya ada Pohon Beringin besar. Lebih tepatnya adalah Pohon Kiara.

Belum tahu perbedaan Pohon Beringin dan Kiara?
Saya juga tidak terlalu memahaminya. Namun, yang saya tahu, Pohon Kiara itu kulit pohonnya lebih putih dari Beringin.

Agar lebih paham lagi, kita harus melihat langsung Pohon Kiara dan Beringin pada saat bersamaan.

Walaupun memiliki nama yang berbeda, tapi keduanya memiliki karakteristik yang hampir sama, misal: daunnya rindang sekali, akarnya kuat kemana-mana (pajulat-jeulit), buahnya mirip (saya melihatnya sama), mampu menahan air dari longsor karena akarnya kuat dan banyak, dan diduga menyuburkan kuota air.

Kemarau separah apapun. Sumber mata air yang dekat Kiara itu tidak pernah kering. Bahkan ada satu kolam cukup besar yang airnya tidak pernah surut dan mampu mengairi banyak sawah.

Satu lagi pohon yang diduga mampu menyuburkan air, yaitu bambu.
Masih di sumber air yang dekat kiara itu ada banyak bongkahan pohon bambu (Sunda: dapuran awi).

Bukan hanya itu, ketika area tanah keluarga saya belum terganggu penggalian batu, mata air bening dan bersih selalu terpancar dari Gunung Gedogan. Tanaman apa yang tumbuh di sekitarnya? Pohon bambu.

Ah, sekalian satu lagi saja. Pohon Ceumay juga diduga mampu menyuburukan air. Pohon Ceumay ini tidak terlalu besar, tapi pohon dan rantingnya banyak berair mirip Dadap. Ya, Pohon Dadap juga bagus untuk air.

Sudah ah, banyak pohon yang bisa menyuburkan air deh… Yang penting, di mana pohon tumbuh lebat, maka kemungkinan di situ ada mata air. Ini baru dugaan saya saja.

Catatan:
Kenapa saya menggunakan istilah “diduga” pada artikel di atas? Karena itu baru dilihat dari “biasanya” yang pernah saya alami, tapi saya belum melakukan penelitian ilmiah: “Apakah Pohon Beringin, Bambu, Ceumay dan Dadap itu benar-benar penyubur air?” Nah, itu alasannya.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)