Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Monday, November 14, 2016

Pesantren Bahasa Arab Berbasis Agrobisnis, Komputer dan Bahasa Inggris Semoga Terwujud



Hello Katabah!
Kini usia Abah mulai menginjak 35 tahun. Salah satu target di usia ini adalah memiliki lembaga pendidikan bahasa Arab yang memudahkan perekonomian masyarakat.


Walaupun dari segi finansial masih belum siap, tapi Abah memulainya dengan isi terlebih dahulu. Kebetulan Abah memiliki sedikit dasar-dasar bahasa Arab. Karena alasan inilah, blog Katabah akan semakin full konten tutorial bahasa Arab walaupun masih kadang-kadang terselip fiksi, curhat atau yang lainnya sebagai pelepas kepenatan saat belajar “urangkal-arengkol huruf Arab”.

Ini poin penting dari target Abah terkait lembaga Pendidikan Bahasa Arab:
1. Fokus pembahasan adalah bahasa Arab (Nahwu dan Sharaf) yang ditujukan sebagai dasar untuk belajar tafsir al-Quran.

2. Bahasa pengantar yang digunakan adalah dwi bahasa (Inggris dan Indonesia)
Ini diharapkan para pembelajar bahasa Arab akan terbantu untuk praktek bahasa Inggris sehingga akan mempermudah kemajuan karir dan wawasannya pun lebih luas.

Program bahasa pengantar pembelajaran menggunakan “Dwi Bahasa” sudah mulai Abah praktekkan, baik pada blog ini maupun di kampus saat mengajar matakuliah komputer. Respon kampus sangat bagus.

3. Berbasis Agrobisnis
Salah satu tantangan untuk dunia pendidikan di Indonesia adalah lulusannya susah cari kerja. Jadi pengusaha dong? Tidak semua bisa jadi pengusaha.

Nah, dengan agrobisnis atau lebih sederhananya “dengan berkebun”, semoga para mahasiswa bisa makan tanpa perlu membeli atau meminta ke orangtua.

Agrobisnis ini sedang ditekuni Abah dan semoga tahun 2017 mulai memberikan angin segar. Salah satunya melalui program berkebun lada.

4. Berbasis Komputer atau Teknologi Informasi (TI)
Sebenarnya Abah berharap apabila nanti sudah berdiri pesantren bahasa Arab, maka komputer harus menjadi media pembelajar yang wajib ada.

Untuk memulainya, Abah menjadikan blog Katabah ini sebagai bukti Pembelajaran Berbasis Komputer. Apalagi pesantren fisik belum dibangun, blog Katabah ini sangat berguna untuk menunjang pesantren bahasa Arab online (virtual).

Alhamdulillah, sekarang sudah ada ribuan pageview per hari. Semoga ini menunjukkan tulisan sederhana Abah pada blog ini ada manfaatnya dan menjadi cikal bakal berdirinya pesantren bahasa Arab secara fisik. Aamiin!

Baca juga:
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment