Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Saturday, February 16, 2013

Reformasi Pendidikan


Reformasi Pendidikan


Saat ini, pendidikan Indonesia masih menangis. Kualitasnya masih jauh di bawah berbagai Negara maju di dunia. Bahkan publikasi ilmiah yang baru merangkak masuk perguruan tinggi pun dilatarbelakangi dengan jauhnya jumlah publikasi ilmiah Indonesia di bawah Malaysia.

Ada yang menyatakan bahwa system pendidikan di Indonesia berubah sejalan dengan pemegang kebijakan di pusat. Sehingga seringkali terdengar ketidak-pahaman para praktisi pendidikan terhadap kebijakan yang ditetapkan pusat. Pendeknya, tidak tampak ada kerja sama baik antara pembuat keputusan (pemerintah) dengan para pakar dan praktisi pendidikan yang seringkali lebih tahu kondisi lapangan yang sebenarnya.

Tidak berlebihan kalau reformasi Indonesia harus pula dilakukan di bidang pendidikan. Dunia tahu bahwa kemajuan peradaban suatu bangsa itu sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikannya. Jepang sudah membuktikan dengan perhatian besarnya terhadap guru sejak bencana besar Hiroshima dan Nagasaki waktu lampau. Sekarang negeri kecil ini sudah mampu bersaing dengan Negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, Jerman, China, Perancis, dan lain-lain.

Mari tengok arti reformasi pendidikan sendiri. Reformasi pendidikan adalah restrukturisasi pendidikan, yakni memperbaiki pola hubungan sekolah dengan lingkungannya dan dengan pemerintah, pola pengembangan perencanaan serta pola pengembangan manajerialnya, pemberdayaan guru dan restrukturisasi model-model pembelajaran (Murhpy, 1992: 10 dalam  Majid : 3).

Dengan memperhatikan definisi di atas, maka reformasi pendidikan itu tidak cukup hanya dengan ganti-ganti terus kurikulum. Akan tetapi, harus pula memperhatikan kondisi lingkungan dan pihak-pihak lain yang terkait dengan pendidikan. Kerja sama sekolah (guru), lingkungan, dan pemerintah sangat diperlukan untuk mejadikan pendidikan Indonesia kian membaik.


REFERENSI
Majid A. TT. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

***

Diterjemahkan dari artikelku:
Komarudin Tasdik. 2013. Education Reformation. 100keyboard.blogspot.com

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment