Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Thursday, March 7, 2013

Bagaimanakah Cara Membuat Nama Blog?



Bagaimanakah Cara Membuat Nama Blog?


Waduuuh….setelah semangatku sedikit pulih untuk mengerjakan tugas kuliah lagi, sambil istirahat saya membuka blog tercinta. Ternyata perhatianku tertuju pada judul atau nama blog yang berada di paling atas blog.

Memang kedua blog saya (yang merupakan integrasi blog bahasa Inggris dan bahasa Indonesia) sudah mengalami dua kali perubahan nama blog,
Pertama,
100%Original: untuk blog bahasa Inggris
100%Asli: untuk blog bahasa Indonesia

Kedua nama blog di atas tampaknya sangat serasi. Keduanya dilatarbelakangi keinginan untuk bertekad membuat artikel yang tidak melanggar hak cipta. Ini terinspirasi dari label “100% Original” di blog Pak Budi Rahardjo. Namun setelah dipikir-pikir, originalitas itu tidak perlu dikedepankan dalam judul blog, yang penting artikelnya original, itu sudah lebih dari cukup.

Kemudian saya ganti menjadi perubahan kedua,
IS: untuk blog bahasa Inggris
SI: untuk blog bahasa Indonesia

Tampaknya kedua nama blog di atas sangat simple dan enak dipandang mataku. Akan tetapi, ketika mengetikkan nama sendiri di kotak cari Google, kok munculnya blog yang lain, yang sudah tidak diupdate lagi. Dengan kata lain, kedua judul blog di atas sangat tidak disukai search engine.

Terkait hal di atas, saya jadi berpikir lagi: “Kalau bisa, setiap tulisan yang ada di blogku harus dikenali search engine, itung-itung keyword.”

Jadi, dengan nama dua huruf di atas tampak tidak representatif untuk sebuah keyword, meskipun maknanya cukup relevan dengan kajian saya, IS = Information System, dan SI = Sistem Informasi.

Ketika saya mau memberi judul “Information System” atau “Sistem Informasi”, saya agak khawatir kalau-kalau blog tersebut membuat para pengunjung urung berkunjung, karena mengira blogku hanya membahas tentang komputer. Padahal banyak tulisan tentang yang lainnya, seperti pendidikan, pengalaman, bahasa, dan lain-lain.

Karena masih bingung menentukan judul blog yang tepat, akhirnya saya menggantinya dengan nama sendiri saja: “Komarudin Tasdik”. Nama blog ini pertama kali digunakan untuk blogku yang pertama di Wordpress yang pengunjungnya sudah lumayan banyak, tapi sekarang tidak diupdate karena tidak bisa pasang iklan. He…he..matre……!

Sekarang, yang jadi perenungan adalah: “Saya menggunakan judul blog yang sama (Komarudin Tasdik) untuk blog bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, apakah tidak masalah?”

Bagi sahabat yang punya ide atau saran, ditunggu ya….!
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

1 comment: