Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Friday, March 8, 2013

Peran Sistem Analis dalam Bisnis Menurut Satjinger



Peran Sistem Analis dalam Bisnis Menurut Satjinger


Dalam dunia Sistem Informasi, kita mengenal istilah programmer dan analis sistem. Secara sederhana, programmer mempunyai pekerjaan yang erat hubungannya dengan coding atau script bahasa pemrograman seperti PHP, Java, Delphi, dan lain-lain. Sedangkan analisis sistem lebih fokus pada bagaimana membangun sebuah aplikasi secara konseptual. Jadi, analis sistem yang mengidentifikasi kebutuhan sistem, merancang desain yang dibutuhkan, kemudian programmer yang menjadikannya dalam bentuk program aplikasi.


Apa peran analis sistem itu?
Analis sistem itu berperan sebagai problem solver (pemecah masalah) di organisasi bisnis modern (Satjinger et al.: xxiii). Ada sebagian pihak yang tidak setuju problem solver diartikan sebagai pemecah masalah, tapi orang yang mengatasi masalah. Tapi tidak salah juga kalau mengartikannya sebagai “pemecah masalah”, karena maksudnya bukan memecah-mecahkan masalah sehingga berantakan, melainkan memecah-mecahkan masalah sehingga menjadi masalah-masalah yang lebih kecil agar lebih mudah ditemukan solusinya.

Masih dalam sumber yang sama dinyatakan bahwa analis sistem bermain dalam perencanaan strategis dan membantu mengidentifikasi proyek sistem informasi utama yang akan dilakukan sebuah perusahaan (Satjinger et al.: 26). Tampaklah sudah bahwa analis sistem itu tidak bisa dipandang sebelah mata dalam kemajuan sebuah perusahaan/institusi. Tantangnnya adalah sejauh mana manager perusahaan, analis sistem informasi, programmer, dan pihak terkait dapat bersinergi dalam mewujudkan sebuah proyek hingga sukses.

Analis sistem juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan pengolahan data yang menghasilkan informasi berkualitas tinggi (Febrian 2004: 398). Informasi berkualitas tinggi itu sangat identik dengan sejauh mana relevansi informasi yang dihasilkan sistem dengan kebutuhan user? Sebagaimana telah dibahas di atas bahwa kebutuhan user itu diidentifikasi oleh analis sistem.

Referensi
[1] Febrian J. 2004. Kamus Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.

[2] Satjinger J., Jackson R. Burd S. 2007. Systems Analysis and Design in a Changing World, 4th Edition. Canada: Thomson Course Technology.

***

Diterjemahkan dari artikelku:
Komarudin Tasdik. 2013. Role of System Analysis in Business According to Satjinger. 100keyboard.blogspot.com.

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment