Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Tuesday, June 11, 2013

Domain Berbayar, Hosting Gratis dari Idhostinger



Setelah menyewa domain untuk websiteku Kitaabah dot Com dari NameCheap menggunakan unverified Paypal. Tampaknya semangat belajar web pun semakin semangat.


Langkah pertama setelah beli domain adalah menghubungkan domain tersebut dengan Blogspot. Ini biasa diistilahkan dengan Custom Domain. Hasilnya langsung bisa diakses. Hore….!

Menghubungkan Blogspot dengan Kitaabah.com itu ternyata dikenal dengan istilah redirect. Kira-kira artinya adalah membuat desain dan update selengkapnya di sub domain Blogspot. Setelah itu blog tersebut diakses melalui alamat Kitaabah.com.

Bedanya Blogspot dengan Hosting?
Yang saya rasakan, kalau Blogspot bisa dilepas dari domain kita, kemudian diakses lagi menggunakan alamat blog seperti biasa, seperti 100keyboard.blogspot.com. Kalau hosting tidak bisa. Ini juga baru pendapat saya sebagai yang baru pertama kali mencobanya, kalau ada kesalahan dengan senang hati menerima koreksinya. :)

Hosting apa yang saya coba?
Pada saat artikel ini ditulis, saya sedang mencoba hosting gratis dari Idhostinger. Sebenarnya, pemilihan ini tidak sengaja dilakukan karena saya daftar hosting gratis ke 000webhost, ternyata ada e-mail undangan dari 000webhost untuk bergabung di Idhostinger.

Awalnya, saya bertahan untuk menunggu disetujui 000webhost. Akan tetapi, yang tertera di website resminya “Silahkan cek 24 jam kemudian”, ternyata sudah hampir seminggu, belum juga ada tanda diterima atau ditolak. Daripada nunggu yang belum jelas, saya coba fasilitas Idhostinger.

Sedikit Pengalaman di Idhostinger
Daftar pertama, account langsung aktif. Kemudian ada keterangan “harus melakukan setting Name Server ke domain (di namecheap)”. Setelah dimasukkan (langkahnya banyak di Om Google), 24 jam kemudian websiteku langsung bisa diakses, meskipun pesan yang tertera masa aktivasi 48 jam. Jadi, pelayanan ini sangat memuaskan saya. he…he..

Setelah website Kitaabah bisa diakses, walaupun menggunakan satu halaman saja, kemudian membuat sub domain. Alhasil subdomain yang tersedia secara gratis cukup dua saja, katanya. Juga, pembuatan sub domain tersebut langsung jadi seperti kita membuat blog di Blogspot.

Ini sub domainnya: en.kitaabah.com (untuk blog bahasa Inggris) dan ina.kitaabah.com (untuk blog bahasa Indonesia). Baru rencana…….!

Ah sekalian curhat,
Dasar tidak gaul. Awalnya saya pusing bagaimana caranya membuat alamat seperti ini kitaabah.com/en. Ternyata kitaabah.com/en juga bisa diakses menggunakan alamat en.kitaabah.com. Inilah fasilitas yang diberikan idHostinger.

Apakah semua sub domain bisa diakses bolak-balik seperti contoh di atas?
Ternyata enggak semua bisa ya...? Contohnya, saya coba dari alamat 100keyboard.blogspot.com, kemudian diakses menggunakan alamat blogspot.com/100keyboard. Hasilnya, error. He…he..

Sudah terlalu panjang nih curhatnya. Sekian dulu ya…!

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

5 comments:

  1. sebelumnya terima kasih informasinya

    tapi apa memakai hostinger gratis baik dimata search engine?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sobat, saya belum menggunakan hostinger gratis dalam jangka lama, kecuali untuk belajar desain blog saja, tidak diisi artikel.

      Yang saya tahu, hosting gratis atau berbayar di mata search engine itu tergantung optimasinya.

      Delete
  2. Saya juga member dihostinger, tapi baru bulan lalu upgrade ke premium yah lumayan cs nya mudah diajak berbagi jika ada masalah. Intinya sama aja kayaknya sob, blogspot dg hosting masalah bisa lepas atau tidak dg domain, bedanya blogspot memiliki domain lain yang free kalau tidak ada jelas tidak bisa diakses. Sama halnya dengan yg menggunakan hosting bisa juga diakses tanpa domain tapi hanya sebatas preview aja namun tidak bisa tampil secara normal karena tidak memiliki domain cadangan seperti halnya blogspot. intinya domain dan hosting itu satu paket dalam sebuah web. Misalnya Blogspot (blablabla.blogspot.com menggunakan hosting google ghs.google.com) begitu juga hosting mandiri blabla.com harus satu paket dengan hosting. Klo menurutku domain bisa diumpamakan alamat rumah dan hosting adalah rumahnya, jadi kalau orang mau cari harus sepaket. kan gak mungkin klo hanya ada alamat gak ada rumah begitu juga sebaliknya pasti gak ada yang ditemukan. Btw mantap postingannya neh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini penjelasan yang jelasnya.
      Salam kenal sesama member, sobat :)

      Terimakasih telah berkunjung. Situs Beranda News keren sekali

      Delete