Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Friday, January 10, 2014

Adsense Itu Bukan Jalan Cepat dan Mudah Kaya

Banyak blogger yang bertutur bahwa mereka baru mendapatkan payout dari Adsense setelah 6 bulan bergabung. Selain itu, mereka menyarankan usia blog untuk daftar Adsense sebaiknya tidak kurang dari 3 bulan. Jadi, kalau dihitung-hitung payout tersebut diperoleh ketika usia blog 9 bulan, iya kan?


Tampaknya pendapat blog di atas kemungkinan benar, walaupun sebagian blog ada yang mengaku baru beberapa bulan sudah payout. Tapi sedikit pengalaman saya menunjukkan kemiripan dengan pengalaman blogger pada paragraf pertama.

Usia blog saya lebih dari setahun, tapi update rutin baru setelah bergabung dengan Adsense. Setelah kira-kira 2 bulan bergabung dengan Adsense, pendapatan saya masih di bawah $2.

Adapun karakteristik blog saya antara lain: topik tentang pendidikan dan komputer. Kedua topik ini tidak ditulis berdasarkan trending pembaca, tapi berdasarkan kemauan ide yang muncul saat nulis dan lebih berorientasi pada pengetahuan umum seperti materi kuliah. Jelas ini jarang dilakukan para blogger yang menjadikan Adsense sebagai fokus bisnisnya.

Karakteristik selanjutnya: blog tidak diberikan tips apa-apa seperti SEO atau cara zitu sukses Adsense, melainkan hanya update artikel 1 hari tiap hari. Update harian juga masih ada bolong-bolong karena pernah mengisi di blog lainnya.

Dengan demikian, apabila sahabat-sahabat punya blog seperti blog saya di atas dan pendapatan Adsense-nya tidak sesuai harapan, tidak perlu bersedih hati karena orang lain juga kemungkinan besar merasakan hal yang sama.

Kenapa saya melakukan hal sederhana di atas? (Simpelnya, topic hanya pendidikan dan update 1 artikel tiap hari)
Dalam artikel lain, alasannya sudah dibahas. Intinya saya blogging sesuai kemampuan dan profesi.

Apakah akan mencoba tips sukses lain?
Belum ada rencana. Sekarang mau focus update artikel tiap hari tanpa bolong, karena saya yakin kalau kita menggunakan cara yang benar sesuai TOS Adsense, maka suatu hari nanti akan mendapatkan rizki dari Allah, baik melalui Adsense ataupun yang lain.

Kenapa bukan rizki dari Adsense?
Allah Maha Kaya dan Allah Maha Tahu sumber rizki terbaik untuk kita. Kita ingat berita di salah satu televise: “Seorang tukang lap kaca Bank bekerja melap meja dan kaca, kemudian menemukan uang ratusan juta. Beliau melaporkan dan menyerahkan uang tersebut ke petugas keamanannya (alias tidak menyimpannya di saku sendiri). Allah berikan rezeki dalam bentuk bonus beasiswa dan penghargaan lain dari Bank mandiri untuk beliau. Inilah salah satu bonus atau buah dari satu kejujuran.

Jadi, saya bekerja dalam skup Adsense, tapi belum tentu akan menghasilkan uang hanya dari Adsense. Untuk itu, saya ingin memberikan yang terbaik untuk Adsense, salah satunya tetap menjaga cara menjadi publisher yang benar sesuai ilmu yang diperoleh, seperti membuat artikel yang asli-asli aja.


Itulah renungan hari ini. Semoga bermanfaat!


[Arsip dari blogku yang sudah dihapus, 2012]
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

2 comments:

  1. kok ga ada adsense nya mas disini, kok saya lihat malah iklan lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adsense-ku sudah lama nonaktif Mas (hanya bertahan 6 bulan). hiks..hiks

      Artikel ini arsip dari blog yang lain dalam rangka penghapusan blog yang tidak terurus :)

      Delete