Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Monday, September 14, 2015

Bahasa Asing Yang Paling Banyak Diminati

Hello Katabah!
Minggu ini, saya berkunjung ke website anakui.com. Belum sempat membaca profilnya, tapi saya menduga itu milik mahasiswa Universitas Indonesia (UI).

Dalam situs tersebut dituliskan bahwa ada 5 bahasa asing yang paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa UI, yaitu:


1. Bahasa Inggris
Kalau ini sudah menjadi rahasia umum karena sudah lama banyak masyarakat Indonesia (bahkan dunia) sadar bahwa kemampuan berbahasa Inggris sangat penting, baik lisan maupun tulisan.

Seberapa tertutupnya sebuah negara dari bahasa Inggris, tetap saja banyak menggunakan istilah-istilah bahasa Inggris, terutama dalam forum-forum internasional yang diselenggarakan di negara bersangkutan.

2. Bahasa Arab
Situs tersebut mengatakan bahwa bahasa Arab dapat bertahan kuat di tanah air karena banyak pihak yang terlibat di dalamnya, seperti bertebarannya pesantren-pesantren dan sekolah Islam.

Di samping itu, minat para pembisnis yang melirik pasar Timur Tengah mungkin menjadi alasan untuk belajar bahasa Arab, termasuk TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

3. Bahasa Jepang
Walaupun negara Jepang kecil dan jumlah penduduknya sedikit, bahkan pernah ada yang mengabarkan bahwa Jepang akan kekurangan penduduk pada jangka waktu yang akan datang tidak menyurutkan para peminat bahasa Jepang.

Negeri Matahari Terbit ini sudah berhasil tumbuh menjadi negara kecil dengan kekuatan ekonomi dan teknologi dahsyat di abad ini. Perusahaan dan Teknologi Jepang juga masih banyak ditemukan di Indonesia, seperti: motor Honda dan Yamaha.

4. Bahasa Korea
Saya juga sempat ingin belajar bahasa Korea karena banyaknya film-film dan boy/girl bands yang masuk jagat hiburan Indonesia. Namun karena kemampuan terbatas, maka saya urungkan saja. J

Setahu saya Korea Selatan beberapa kali menduduki peringkat pertama e-government dunia mengalahkan Amerika, Jepang dan negara-negara maju lainnya. Ini menandakan Korsel memiliki peluang besar untuk menjadi negara maju seperti Jepang (negara kecil, tapi kemampuannya super besar).

Pertanyaannya: Mampukah Korea mempertahankan brand Kpop-nya?

5. Bahasa Mandarin
Situs anakui dot com tersebut menyebut bahasa Mandarin sebagai bahasa investasi masa depan karena China akan menjadi kiblat perekonomian dunia di masa yang akan datang.


Jadi, mau belajar bahasa asing mana? Jangan bilang: “Ah saya mah bahasa daerah sajah…..!” Ini kan sedang ngobrol bahasa orang lain. hi..hi..
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment