Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Sunday, July 3, 2016

Menanam Kangkung Darat di Ruang Tertutup Dapur dan Ruang Tamu



Hello Katabah!
Setelah menanam kangkung darat pada pot yang diletakkan di samping rumah yang tidak terkena air hujan, Abah juga meletakkan pot kangkung di dapur.


Ide menanam kangkung di dapur terinspirasi dengan melihat ada pot bunga yang diletakkan di ruang tamu rumah. Selain itu, Abah pernah mendengar bahwa pohon ganja (tapi jangan menanam ganja ya…! wkwkwk) bisa tumbuh di langit-langit dapur.

Kalau bunga dan ganja bisa tumbuh di dalam ruangan tertutup, apakah kangkung bisa tumbuh juga?
Mulai tanam tanggal 15 Juni 2016. Abah menulis artikel ini pada tanggal 23 Juni 2016. Dengan kata lain, kangkungku sudah berumur 8 hari.

Kangkung tersebut sudah tumbuh setinggi 8 cm. Kalau Anda membaca artikel “Bisakah Menanam Kangkung Darat Tanpa Air Hujan”, maka akan diperoleh informasi bahwa kangkung yang diletakkan di area tanpa hujan dan masih menerima sinar matahari dari arah selatan memiliki tinggi 10 cm.

Dengan melihat perbedaan tinggi kangkung tersebut, maka kangkung lebih menyukai area yang terkena sinar matahari.

Walaupun demikian, kangkung masih bisa tumbuh di dalam ruang tertutup seperti dapur.

Sekarang Abah juga sedang memperhatikan pertumbuhan kangkung tersebut dari hari ke hari. Jika bisa sampai dipanen, Abah juga sedang memikirkan untuk menambah kuantitas pot kangkung di dalam ruangan.

Namun sedang membaca juga: Apakah sayuran di dalam ruangan itu aman untuk kesehatan? Karena pernah terdengar bahwa jika ada tumbuhan di kamar tidur, maka bisa membahayakan kesehatan manusia terkait adanya perebutan oksigen oleh tumbuhan dan manusia.

Tentunya, menanam kangkung darat di dalam ruangan tertutup itu tidak akan menghasilkan nilai bisnis jika hanya ditaruh di ruang tamu. Namun jika kita menaruhnya di ruang khusus yang berbentuk gedung bertingkat yang khusus untuk berkebun kangkung, maka panen kangkung akan sangat banyak dan memudahkan pengawasan/pemeliharaan serta menjadi alternatif bagi yang belum mempunyai tanah luas.

Tanah luas yang jauh dari rumah juga bisa jadi masalah bagi orang-orang sibuk karena tidak punya waktu untuk melakukan pemeliharaan kangkung. Berbeda ketika menanam kangkung di kebun gedung bertingkat, orang sibuk pun bisa mengeceknya sepulang kerja atau sebelum berangkat ke kantor.

Jadi, tunggu perkembangan kangkung dari dapurku di artikel berikutnya ya…! he..he..

Baca juga:
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)