Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan FB Gratis | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kuliah Sistem Informasi,
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Wednesday, February 4, 2015

Semua Mahasiswa Harus Bisa Bahasa Inggris?

Para pendekar bahasa Inggris yang budiman,

Mungkin ada mahasiswa yang benci terhadap bahasa Inggris bertanya: “Kenapa sih mata kuliah bahasa Inggris tidak dihapuskan saja, kan gue bukan jurusan bahasa Inggris?”

Jawabannya: Salah kita mau kuliah di Indonesia yang melibatkan bahasa Inggris hampir di semua aspek, termasuk dunia perkuliahan. “Salah lhoooo, mau-maunya kuliah….”, kata Si Udin sambil nyengir.

Setahu saya banyak perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswa untuk menggunakan bahasa Inggris antara lain dalam:


1. Belajar mata kuliah bahasa Inggris (Ya pastilah…..)
2. Menulis abstrak dalam skripsi (Meskipun mungkin ada mahasiswa yang bayar jasa translator, tapi kan harusnya ditulis sendiri wong di cover skripsi hanya ditulis oleh satu orang mahasiswa. Masa mau ngaku-ngaku abstrak bahasa Inggris yang ditulis orang lain. Malu tahu…..! ha…ha…)
3. Mencari referensi yang ditulis dalam bahasa Inggris. Masa iya, mahasiswa yang katanya sangat terpelajar, kerjanya hanya pakai Google Translate. Harga diri mau dikemanakan tuh….! J

Apakah semua mahasiswa harus jago bahasa Inggris?
Ah enggak usah semua jago, kan masing-masing orang punya jagoan sendiri, ada yang kimia, fisika, bahasa Arab, atau yang lain. Yang penting kita bisa nulis bahasa Inggris dengan kualitas tidak jelek-jelek amat, ya mirip menggunakan bahasa Indonesia deh.

Enggak bisa? Ya turun lebih jelek sedikit dari kemampuan bahasa Indonesia deh. Jangan sampai enggak tahu to be dan verb-verb acan. Masa kita sudah belajar bahasa Inggris dari SMP, bahkan dari SD, tapi enggak bisa membuat kalimat:

1. Saya ganteng
2. Dia cantik
3. Saya mencintainya
4. Sarah mencintaiku

Hayoooo…..
Kalau ngaku mahasiswa Indonesia, minimal bisa deh menterjemahkan kalimat seperti 4 kalimat di atas.

Ah, itu mah gampaaaang…..! Semua mahasiswa bisa dong…..! Cius?
Tapi saya ragu. Bahkan saya masih pesimis semua mahasiswa S2 bisa membuat seperti kalimat di atas dalam bahasa Inggris, padahal referensi kuliahnya sudah banyak dalam bahasa bule le…le… (Bukan Ibu Le temannya Ibu Iceu ya…, tapi Bule alias orang Nginggrisssss)


Jadi, kalau ngaku mahasiswa Indonesia sebaiknya bisa menggunakan bahasa Inggris walaupun enggak jago. Kita juga bisa menggunakan bahasa Indonesia, padahal kuliah bukan jurusan bahasa Indonesia, iya ya…ya…ya…

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di WA dan FB Gratis!

No comments:

Post a Comment