Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Saturday, October 31, 2015

Kuliah Bahasa Arab dan Inggris Online Gratis

Hello Katabah!
Bagi orang Indonesia yang mayoritas Islam, kemampuan bahasa Arab sebenarnya sudah harus menjadi prioritas keilmuan selama menuntut ilmu. Bahkan pemerintah sendiri memfasilitasi warga Muslim dengan membangun sekolah-sekolah Islami, mulai Sekolah Dasar Islami hingga Universitas Islami.


Sayangnya masih banyak orang Islam yang lebih memilih sekolah umum dengan berbagai alasan yang melatarbelakanginya, padahal sekolah-sekolah Islami sudah tersedia, bahkan ada orang Islam yang sama sekali tidak mengenal sekolah Islami negeri.

Sebagai pengingat, berikut ini sekolah-sekolah Islami negeri yang ada di Indonesia:
1. Madrasah Ibtidaiyah (MI) sederajat SD
2. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) sederajat SMP
3. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sederajat SMA
3. Universitas Islam Negeri (UIN) sederajat perguruan tinggi.

Saking banyaknya pemerhati Islam, selain sekolah Islam di atas, banyak juga sekolah-sekolah non-formal, baik yang berbentuk pesantren, madrasah diniyah atau yang hanya sekedar tempat pengajian (majlis taklim).

Semua sekolah di atas mengajarkan materi Islam yang di antaranya adalah mata pelajaran bahasa Arab. Dalam proses pembelajarannya, ada yang disajikan secara tradisional dengan menghapal kitab-kitab Nahwu gundul, ada juga yang menggunakan materi ajar denga metode modern seperti pembelajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah.

Memperhatikan pentingnya bahasa Arab seperti yang dideskripsikan di atas, saya mencoba menulis sebanyak-banyaknya tentang materi ajar bahasa Arab yang tersaji secara gratis di blog katabah.com ini.

Sekarang sudah ada ratusan materi ajar bahasa Arab, mulai materi untuk anak-anak Sekolah Dasar hingga Universitas. Di pesantren, kita biasanya mengkaji tata bahasa Arab menggunakan kitab Jurumiyah. Nah di Katabah juga, saya sajikan kajian Jurumiyah yang dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan disertai contoh-contohnya.

Untuk melengkapi kuliah bahasa Arab online gratis ini, saya lengkapi juga dengan kuliah bahasa Inggris online, agar kita bisa membaca referensi-referensi bahasa Inggris yang sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk kajian Islam dan bahasa Arab yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Semoga bermafaat!

Artikel Terkait:

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment