Ekspresi | Les Private Arab-Inggris via WA dan BBM Gratis | Sunda | Kontak | Google | Gmail | Uang Adsense
Toko Baju Online Abah + Bonus
LP3I Tasikmalaya
Bahasa Arab (Kelas 1 SD sampai Universitas)
Bisnis Bitcoin | Daftar Isi | Tools Penting | PrivacyPolicy | Jago Bahasa Inggris dan Arab | Kamus | Kamus Google

Tuesday, July 26, 2016

Masa Kejayaan Islam



Hello Katabah!
Sudah cukup lama, Abah merasa heran kenapa katanya Islam itu rahmat bagi seluruh alam dan orang Islam itu pintar serta baik, tapi informasi seputar Islam cenderung banyak yang negatif dan terkesan bukan dari bangsa besar.

Dengan kegundahan seperti paparan di atas, Abah mencoba membaca lagi sejarah Islam sedikit demi sedikit. Berikut ini rangkumannya tentang Masa Kejayaan Islam:


Menurut Wikipedia, zaman kejayaan Islam itu berlangsung sekitar tahun 750 M hingga 1258 M. Di masa itu, keterlibatan para filsuf, ilmuwan dan insinyur sangatlah besar, terutama pada bidang teknologi dan kebudayaan.

Menurut situs Makintau dot com, di masa kejayaan Islam, banyak ilmuwan Muslim yang sangat berjasa membangun peradaban dunia, seperti Ibu Rusyd, Ibnu Sina, al-Kindi, dan lain-lain. Pada masa ini, ada dua kerajaan besar, yakni Daulah Umayyah dan Daulah Abbasiyah. Pada masa Umayyah gencar melakukan perluasan wilayah Islam, sedangkan pada masa Abbasiyah sangat terkenal dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, politik, arsitektur dan militer.

Selain faktor internal yang ditandai masih kokohnya para pemimpin Muslim menjalankan ajaran Islam, ada juga faktor eksternal yang ikut menyokong kemajuan Islam saat itu, yakni: Terjadi asimilasi antara bangsa Arab dan bangsa-bangsa lain yang telah maju. Ada dua kekuatan saat itu yang juga ikut mempengaruhi Islam hingga menjadi semakin kuat, yaitu:
a) Pengaruh Persia di bidang pemerintahan, filsafat dan sastra;
b) Pengaruh Yunani di bidang penerjemahan berbagai ilmu, terutama filsafat [3].

Perlu dicatat bahwa penerjemahan tidak hanya ilmu-ilmu yang berkaitan dengan agama, melainkan meliputi astronomi, kedokteran, filsafat, kimia dan sejarah.

Menurut situs Eramuslim, pada tahun 735 Khalifah Abu Ja’far Abdullah al-Manshur mempekerjakan para penerjemah buku-buku kedokteran, ilmu pasti dan filsafat dari bahasa Yunani, Parsi dan Sanskrit.

Kapan Puncak Kejayaan Islam itu?
Menurut situs Cyberdakwah, puncak kejayaan Islam terjadi pada masa Khalifah kelima Daulah Abbasiah, Harun al-Rasyid tahun 786 M – 809 M. Berikut ini ciri-ciri negeri Islam saat itu:
1. Kekayaan negara benar-benar digunakan untuk kesejahteraan rakyat.
2. Rumah sakit dan lembaga pendidikan banyak didirikan.
3. Negara Islam menjadi negara terkuat di dunia.

Puncak kejayaan di atas dilanjutkan oleh puteranya, yaitu Khalifah al-Ma’mun. Pada masa itu, Baghdad menjadi pusat pemerintahan Islam, juga menjadi pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

Catatan:
Daulah ada juga yang menyebutnya sebagai dinasti atau bani. Sebagian orang ingin menyebut bahwa Daulah Umayyah dan Abbasiyah itu sistem Khilafah, ada juga yang menyebut kerajaan karena pemimpin Islam saat itu ada yang dilanjutkan oleh putra para khalifah.

Sampai di sini, Abah masih belum puas dan belum begitu takjub terhadap kejayaan Islam karena pembahasannya belum benar-benar konkrit dan spesifik. Ingin sekali mengeksploreasi keadaan Baghdad saat itu. Seperti negara manakah kalau dilihat di jaman modern ini? Kalau tidak persis, minimal mirip-mirip lah...hmmm

Sumber:
[1] Mas Nazar. 2015. Masa Kejayaan Islam dan Runtuhnya Kejayaan Islam. Makintau.com.
[2] Zaman Kejayaan Islam. Wikipedia.org.
[3] Mr Riwdan. 2014. Periodisasi Sejarah Islam dan Masa Kejayaan Islam. Coretan-Berkelas.blogspot.com
[4] Redaksi. 2016. Masa Keemasan Islam, Berbanggalah dan Azzamkan untuk Ulangi Kembali. Eramuslim.com
[5] NN. 2013. Masa Keemasan Islam. Cyberdakwah.com.


Baca juga

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
loading...

No comments:

Post a Comment