Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Wednesday, March 13, 2013

Menyajikan Konten Website yang Bermanfaat



Menyajikan Konten Website yang Bermanfaat


Berikut ini peran konten dalam sebuah websiste berdasarkan GSA and HHS (26 of 292):
Konten itu harus melibatkan, relevan, dan sesuai dengan pengunjung. Konten adalah informasi yang tersedia pada sebuah website. Konten itu lebih penting dari navigasi, desain visual, fungsionalitas, dan interaktivitas.”


Apabila kita memperhatikan konsep website di atas, maka konten merupakan raja. Sehingga perhatian pengelola website seperti blogger harus sangat besar ditujukan pada konten atau artikel.

Sementara itu, yang terjadi adalah banyak para blogger yang memiliki blog dengan artikel sedikit, sudah gencar melakukan promosi demi meraih traffic yang banyak. SEO dikenal mampu mengantarkan sebuah blog atau website menjadi populer di mata search engine. Namun sebagian blogger yang lebih memperhatikan konten, mereka mengkhawatirkan apabila konten website kita tidak terjaga, pengunjung yang datang akan kecewa dan tidak mau kembali lagi untuk kunjungan berikutnya.

Sebagian blogger terlalu asik dengan desain visual. Bahkan sampai terjadi kesulitan akses bagi pengunjung, karena terlalu banyak animasi atau tata warna yang tampak tidak beraturan. Sebagai salah satu bukti bahwa konten itu lebih penting, blog paling terkenal di Indonesia, ia menggunakan desain yang sangat sederhana, dan tampak tidak ada animasi satu pun di homepage-nya. Salah satu keunggulan dari blog ini adalah konsisten update artikel/konten hampir tiap hari.

Masalah konten ini tidak hanya dialami oleh para blogger personal. Akan tetapi, pengelola website pemerintah juga seringkali tampak belum memperhatikan aspek konten tersebut, bahkan untuk update sekalipun.

Dengan adanya teori dari buku di atas, semoga menjadi masukkan bagi para pengelola website/blog, terutama dalam memberikan perhatiannya terhadap konten. Konten itu penting. Konten itu produk yang dijual oleh kita. Maka sajikanlah sebaik mungkin.

Referensi
GSA, HHS. Research-Based Web Design & Usability Guidelines. Washington: U.S. Government Printing Office.


***

Diterjemahkan dari artikelku:
Komarudin Tasdik. 2013. Providing Useful Content for Website. 100keyboard.blogpsot.com.

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment