Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Monday, January 27, 2014

Book Report Pengelolaan Pendidikan


Buku ini memiliki identitas: Sutikno, M. Sobry. 2009. Pengelolaan pendidikan: Tinjauan Umum dan Konsep Islami. Bandung: Prospect. Book report ini sekaligus sebagai bentuk revisi dari rangkuman yang pernah dipublikasikan di blog saya yang lain.


Konsep Dasar manajemen pendidikan
Penulis buku ini mendefinisikan pengelolaan pendidikan sebagai penataan, pengaturan dan kegiatan-kegiatan lain sejenisnya yang berkenaan dengan lembaga pendidikan beserta segala komponennya, dan dalam kaitannya dengan pranata dan lembaga lain.  

Sedangkan fungsi pengelolaan pendidikan, penulis menyebutkan: fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemotivasian, dan pengawasan.

Menurut penulis, ada dua masalah pokok yang dihadapi oleh dunia pendidikan di tanah air kita dewasa ini, yaitu:
a.       Bagaimana semua warga negara dapat menikmati kesempatan pendidikan.
b.      Bagaimana pendidikan dapat membekali peserta didik dengan keterampilan kerja yang mantap untuk dapat terjun ke dalam kancah kehidupan bermasyarakat.

Selanjutnya, penulis mendefinisikan tentang pengorganisasian sebagai aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkannya. Dalam hal inilah terletak bagaimana kecakapan kepala sekolah mengorganisasi guru-guru dan pegawai yang lainnya dalam menjalankan tugasnya sehari-hari sehingga tercipta adanya kerjasama yang harmonis dan lancar.

Manajemen sekolah kontemporer
Pada sub bab ini, penulis menyebutkan lima pilar yang perlu dipahami sebelum mengembangkan sekolah bermutu total, yaitu: fokus pada kostumer, keterlibatan total, pengukuran, komitmen, dan perbaikan berkelanjutan.

Penulis juga menyebutkan 6 indikasi pendidikan bermutu yang mana dapat dilihat dari hasil pendidikan dengan menghasilkan lulusan yang:
(1) menguasai keterampilan dasar,
(2) berfikir secara rasional dan mandiri,
(3) menguasai pengetahuan umum dalam berbagai bidang,
(4) memiliki keterampilan yang cukup untuk memperoleh pekerjaan,
(5) berperan serta secara aktif dalam masyarakat dan kebudayaan,
(6) memiliki dan menghargai nilai-nilai luhur yang tumbuh dalam masyarakat dan dapat hidup di dalamnya.

Setelah menyebutkan indikasi pendidikan bermutu, penulis mengemukakan bahwa kepemimpinan pendidikan adalah kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan pendidikan. Adapun fungsi pemimpin adalah memudahkan pencapaian tujuan organisasi. Sementara tipe kepemimpinan pendidikan yaitu: tipe otokratik, paternalistik, kharismatik, laissez faire, militeristik, demokratik.

Tentang tipe kepemimpinan ini, saya teringat seorang mahasiswi mengangkatnya sebagai pokok bahasan dalam skripsinya. Jadi, alangkah kompleksnya teori dalam buku ini apabila mau dikaji lebih mendalam hingga tataran praktis.

Adapun manajemen sekolah meliputi Manajemen pelaksanaan kurikulum, Manajemen peserta didik, Manajemen sarana dan prasarana pendidikan, Manajemen tenaga kependidikan, Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat/kerjasama lembaga, Pengawasan pendidikan.

Catatan:
Kata ‘penulis’ yang digunakan pada tulisan ini sebagai kata ganti untuk penulis buku aslinya M. Sobry Sutikno, bukan pemilik blog ini. J

*****
Mengenang masa belajar penerjemahan dan blogging masa lalu, ternyata saya juga sudah menterjemahkan book report di atas, namun terjemahan ini masih bersumber dari bentuk rangkumannya. Ini terjemahannya:

EDUCATION MANAGEMENT
Basic Concept of Education Management
Education management is structuring, arrangement and such other activities related with education institution and all its components, and related with other regulation and institution. Education management function includes planning, organizing, motivating, and controlling function.

There are main problem what is face by education world in our motherland today, that is:
a.       How can all of citizen enjoy education opportunity?
b.      How can education train students with good work skill to be involved their selves in social life?

Organizing constitutes activities of arranging and forming work connections among people so it is materialized some effort totality in achieving established goals. In this case, there is how headmaster’s adroitness to organize teachers and other officials in running their daily task till creating harmonic and fluent cooperation.

Contemporary School Management
There are five pillars what must be understood before developing total quality school, that is: focus on costumer, total involvement, measurement, commitment, and continuously improvement. Good education indication can be seen from education result, such as graduate who: (1) understanding basic skill, (2) rational and stand alone thinking, (3) understanding general knowledge in various fields, (4) having enough skill to get job, (5) participating actively in society and culture, (6) having and admiring glorious values what grow in society and can live in it.

Education leadership is capability to influence and move other people to achieve education goal. Leader function is making easy achieving of organization goal. While education leadership types include autocratic, paternalistic, charismatic, laissez faire, militaristic, and democratic type.

School management includes curriculum realization management, student management, education media and infrastructure management, education actor management, school and society relation/institution cooperation management, and education controlling.

Terjemahan ini dibuat pada tahun 2011. Saat itu, saya baru mengenal Shvoong sebagai sebuah situs yang menerima tulisan kita dalam bentuk rangkuman. Dengan langkah ini, saya semakin berani dan rajin menulis postingan dalam bahasa Inggris. J

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment