Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Monday, January 27, 2014

Book Report Strategi Belajar Mengajar


Buku ini memiliki identitas: Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Judul buku ini populer juga dengan istilah SBM. Book report ini diambil dari rangkuman buatan saya sendiri yang pernah dipublikasikan di blog saya yang lain.


Rangkuman ini memiliki sub bahasan berikut ini: Konsep Strategi Belajar Mengajar, Berbagai Pendekatan dalam Belajar Mengajar, Kedudukan, Pemilihan dan Penentuan Metode dalam Pengajaran, dan Keberhasilan Belajar Mengajar.

Menurut penulis, strategi belajar mengajar adalah tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar, artinya usaha dalam menggunakan beberapa variabel pengajaran seperti tujuan, bahan, metode dan alat serta evaluasi, agar dapat mempengaruhi siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Konsep Strategi Belajar Mengajar
Penulis juga menyebutkan empat strategi dasar dalam belajar mengajar yang meliputi hal-hal berikut:
1.      Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
2.      Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan masyarakat.
3.      Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
4.      Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan  belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.

Berbagai Pendekatan dalam Belajar Mengajar
Mengenai pendekatan belajar mengajar, penulis 11 pendekatan yang diajukan dalam pembicaraan ini dengan harapan dapat membantu guru dalam memecahkan berbagai masalah dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu: Pendekatan Individual, kelompok, bervariasi, edukatif, pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, fungsional, keagamaan, Kebermaknaan.

Kedudukan, Pemilihan dan Penentuan Metode dalam Pengajaran
Kedudukan metode mencakup: kedudukan metode sebagai alat motivasi ekstrinsik, strategi pengajaran, dan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Sementara faktor-faktor yang harus diperhatikan ketika melakukan pemilihan dan penentuan metode adalah nilai strategi metode, efektivitas penggunaan metode, pentingnya pemilihan dan penentuan metode, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pengajaran (anak didik, tujuan, situasi, fasilitas, guru).

Adapun macam-macam metode mengajar mencakup: Metode Proyek, Eksperimen, Tugas dan Resitasi, Diskusi, Sosiodrama, Demonstrasi, Problem Solving, Karya Wisata, Tanya Jawab, Latihan, Ceramah.

Keberhasilan Belajar Mengajar
Suatu proses belajar mengajar dinyatakan berhasil apabila Tujuan Instruksional Khusus (TIK) –nya dapat tercapai. Untuk mengetahui tercapai tidaknya TIK, guru perlu mengadakan tes formatif setiap selesai menyajikan satu bahasan kepada siswa.

Indikator keberhasilan dapat terlihat pada poin-poin berikut:
1)      Daya serap terhadap bahan pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok.
2)      Perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran/instruksional khusus (TIK) telah dicapai oleh siswa, baik secara individual maupun kelompok.

Untuk mendukung keberhasilan strategi belajar mengajar, penulis menganjurkan kita untuk memperhatikan Media Sumber, Teknik Mendapatkan Umpan Balik, Pengembangan Variasi Mengajar, dan Pengelolaan Kelas.


Catatan:
Kata ‘penulis’ yang digunakan pada tulisan ini sebagai kata ganti untuk penulis buku aslinya Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, bukan pemilik blog ini. J

*****
Mengenang masa belajar penerjemahan dan blogging masa lalu, ternyata saya juga sudah menterjemahkan book report di atas, namun terjemahan ini masih bersumber dari bentuk rangkumannya. Ini terjemahannya:


LEARNING AND TEACHING STRATEGY

Learning and teaching strategy is an action of a teacher in practicing teaching planning, the meaning is an effort in using some teaching variables such as goal, material, method and media and evaluation, in order to influence students to achieve established goals.

Learning and Teaching Strategy Concept
There are four basic strategies in learning and teaching which include cases as follow:
a.       Identifying and establishing specification and qualification of behavioral change and personality of students as hoped.
b.      Choosing learning and teaching approach system based on aspiration and view of society.
c.       Choosing and establishing procedure, method, and learning and teaching technique which is considered most correct and effective so can be made guideline by teachers in fulfilling their teaching activity.
d.      Establishing norms and success or criteria minimal limitation and success standard so can be made guideline by teachers in doing evaluation for learning and teaching activity result, then will be made feedback for completing involved instruction system entirely.

Some Approaches in Learning and Teaching
There are some approaches what is proposed in this discussion with hope can help teachers in solving some problems in learning and teaching activities, that is individual, group, various, educative, experience, habitual, emotional, rational, functional, religion, and meaningful approach.

Position, Selection and Determining a Teaching Method
Method position include: method position as extrinsic motivation, teaching strategy tool, and as a tool for achieving a goal. While factors what must be paid attention when doing selection and determination a method is method strategy, method using effectiveness, selection importance and method determination value, and factors what influence teaching method selection (student, goal, situation, facility, and teacher)

While some kinds of teaching method include: project, experiment, task and recitation, discussion, sosiodrama, demonstration, problem solving, study tour, asking and answering, exercise, and speech method.

Learning and Teaching Success
Some learning and teaching process is viewed success if the special instructional goal (TIK) has been achieved. To know attainment TIK, a teacher must give formative test every time after presenting a material for student.

Success indicators can be seen on points below:
1.      Absorption to teaching material what is taught achieving high achievement, either individually or in group.
2.      Behavior what is stated in teaching goal/special instructional (TIK) has bee achieved by students, either individually or in group.

To advocate learning and teaching strategy success, so must pay attention source media, technique for getting feedback, teaching variation development, and class management.

Terjemahan ini dibuat pada tahun 2011. Saat itu, saya baru mengenal Shvoong sebagai sebuah situs yang menerima tulisan kita dalam bentuk rangkuman baik dari buku, website, jurnal, atau jenis referensi ilmiah lain. Dengan langkah ini, saya semakin berani dan rajin menulis postingan dalam bahasa Inggris walaupun masaih banyak kesalahannya. J

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment