Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Monday, February 10, 2014

Definisi Sains, Pengertian Science


Di Indonesia, ada orang yang menulis science, ada juga sains. Sehingga pada judul ini ditulis dua-duanya. Bahkan dalam bahasa Indonesia, dikenal dengan istilah ilmu pengetahuan. Namun frase ini tidak digunakan pada tulisan ini karena ada kekhawatiran muncul pertanyaan: “Bukankah ilmu dan pengetahuan itu memiliki arti masing-masing?”


Apabila mendapatkan definisi sains berbeda-beda, tidak perlu heran. Istilah sains sulit didefinisikan karena sains meliputi banyak aspek pembelajaran yang berbeda.

Salah satu definisi menyatakan bahwa sains adalah sebuah cara sistematis untuk mengkaji dunia di mana kita tinggal.

Maksudnya?
Secara sederhana, para ilmuwan menggunakan metode sistematis atau teliti, seperti observasi dan esperimen, untuk memperoleh pemahaman lebih baik tentang dunia di sekitar kita. Para ilmuwan mengumpulkan informasi atau data, kemudian mereka menggunakan data ini untuk membuat kesimpulan dan prediksi tentang bagaimana alam ini bekerja. Saat ini, para ilmuwan dunia modern juga menggunakan instrumen untuk membantu mereka membuat observasi yang mereka tidak dapat observasi menggunakan panca inderanya.

Banyak cara untuk mendefinisikan sains, tapi semua definisi sains mencakup beberapa langkah sistematis untuk proses penelitian ilmiah. Langkah-langkah tersebut meliputi:

1.      Membuat observasi ilmiah
2.      Mengajukan pertanyaan ilmiah
3.      Mendesain eksperimen ilmiah
4.      Mengumpulkan informasi ilmiah
5.      Membuat interpretasi ilmiah
6.      Mengevaluasi asumsi ilmiah
7.      Membahas implikasi ilmiah
8.      Mengevaluasi poin-poin pandangan yang berbeda.

Kata ‘sains’ merupakan kata yang relatif modern. Anda tidak akan menemukan kata ‘sains’ dalam dokumen tertulis apapun sebelum 1400an M. Kata ‘sains’ (science) berasal dari bahasa Latin ‘scire’ yang berarti “tahu’ (to know). Kata ‘ilmuwan’ (scientist) diperkenalkan pada tahun 1834 oleh sarjana Inggris yang bernama William Whewell (1794-1866). Sebelumnya, orang-orang yang mengkaji sains disebut filsuf alam (natural philosophers).

Dari mana sains berasal?
Sains modern saat ini benar-benar merupakan kombinasi dari tiga cara yang berbeda yang digunakan oleh orang-orang kuno untuk menginvestigasi dunia sekitarnya. Orang-orang kuno menginvestigasi dunia sekitarnya pertama dengan ide, observasi, kemudian aplikasi.

Dengan demikian, sains modern benar-benar merupakan kombinasi sains sebagai ide (philosophy), sains sebagai discovery (disiplin ilmiah tertentu, seperti Kimia atau Biologi), dan sains sebagai invention (teknologi).


Sumber:
Introduction to Philosophy. Hlm. 1-30, file: kog-phil-chem-1a-sample.pdf
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment