Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Friday, October 30, 2015

Macam Sumber Daya Six M Menurut Terry

Hello Katabah!
Ketika berbicara tentang manajemen biasanya mahasiswa diperkenalkan dengan istilah macam-macam sumber daya yang dikenal dengan “Six M” (Enam M).


1. Men (Manusia)
Manusia menjadi modal pertama dan utama dalam bisnis atau manajemen, walaupun banyak pihak yang seolah-olah “mati kutu” ketika tidak mempunyai uang untuk memulai bisnis.

Dengan sumber daya manusia (SDM) yang bagus, maka modal uang dapat diperoleh sehingga bisnis bisa dimulai.

Kekuatan manusia juga sering diingatkan pada keberhasilan Jepang. Negara kecil, sering terjadi bencana, pernah luluh lantah karena Bom Hiroshima-Nagashaki dan angka kelahiran sangat kecil, namun mereka bisa bersaing dengan negara-negara maju di dunia.

2. Materials (Bahan)
Bahan dianggap penting agar produksi bisa berjalan. Misalnya, untuk membuat bisnis nasi goreng, apakah kita sudah menyediakan bahan-bahannya yang siap untuk dijadikan nasi goreng spesial yang laku di pasaran.

3. Machines (Mesin)
Mesin menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah perusahaan karena selain mesin itu bisa menjadi bagian dari investasi, namun mesin membutuhkan biaya pemeliharaan yang cukup serius.

Mesin yang jelek akan menghambat proses produksi sehingga SDM yang bagus akan terhambat mempersembahkan karya terbaiknya.

4. Methods (Metode)
Metode membutuhkan kreativitas tinggi bagi pelaku bisnis. Metode yang biasa-biasa saja hanya akan menghasilkan produk biasa-biasa saja sehingga mungkin tidak mampu bersaing dengan produk lain yang lebih bagus di pasaran.

5. Money (Biaya)
Uang? Ya, banyak orang menganggap bahwa uang itu jurus jitu untuk kesuksesan bisnis dan karir.

Dengan uang yang mumpuni, bahan, mesin dan metode bisa dibeli. Namun hal ini bisa dilakukan dengan sukses apabila SDM-nya bagus.

6. Markets (Pasar)
Pasar merupakan tantangan yang tidak kalah besarnya bagi pelaku bisnis. Perusahaan tidak hanya dituntut untuk membuat produk yang sangat bagus, namun harus laku pula di pasaran.

Pasar juga yang menjadi salah satu kendala banyak mahasiswa di Indonesia. Mereka bisa membuat produk bagus melalui penelitian-penelitian kampusnya, namun mereka masih lemah untuk memastikan bahwa karyanya dibutuhkan pasar (konsumen).


Sumber:
Effendy, Onong Uchjana. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju. Hlm. 6-7.

Artikel Terkait:

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment