Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Tuesday, March 15, 2016

Tutorial Pemrograman Delphi Untuk Pemula



Hello Katabah!
Dalam rangka mengingat-ingat coding Delphi yang sempat terkumpul dalam berbagai referensi pemrograman Delphi, baik yang diperoleh dari bangku kuliah maupun dari berbagai referensi yang iseng-iseng dikoleksi jaman muda dulu…. :D, melalui blog ini saya persembahkan “Tutorial Pemrograman Delphi Untuk Pemula” yang siap membantu Anda. (Kayak iklan saja Hi..hi..)


Pemrograman Delphi yang pernah saya pelajari meliputi kriteria berikut ini:
1. Script untuk membuat aplikasi berbasis database
Yakni Delphi dihubungkan dengan Database seperti Paradox, Microsoft Access atau MySql.

Dulu sempat menggunakan SQL Server, tapi sekarang lebih suka yang gratisan sekaligus agar tidak perlu instal ulang karena di komputer saya MySQL sudah tersedia ketika saya belajar pemrograman PHP.

2. Script untuk membuat desain form cantik
Meskipun saya kurang suka desain grafis dan foto-foto, tapi setidaknya harus tahu bahwa Delphi juga bisa tampil cantik dalam visual. Oleh karena itu, kadang-kadang main ke toko buku Gramedia atau pasar buku loakan, maka ditemukanlah beberapa buku cara membuat desain form Delphi agar lebih tampil cantik dan menarik.

Mungkin kita lebih banyak yang tahu bahwa Visual Basic bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi menarik selain data entry-oriented, misalnya: game-game sederhana atau antivirus. Nah, Delphi juga bisa doong…!

Membuat Media Player sederhana buatan sendiri di Delphi? Bisa juga…! Jadi, apa yang bisa dilakukan di Visual Basic biasanya Delphi juga punya. Namun karena orang Indonesia lebih familiar dengan Visual Basic, maka setahu saya yang menguasai Delphi relatif lebih sedikit dibandingkan programmer Visual Basic (VB).

Karena saya hanya belajar Visual Basic selama 1 semester, maka saya cenderung agak banyak tahu tentang script Delphi. Dengan demikian, saya tuliskan Tutorial Pemrograman Delphi Untuk Pemula pada blog ini dengan tujuan utamanya “Melawan Lupa di benak saya”. ha..ha.. Syukur-syukur kalau ada manfaat bagi para pembaca.

Agar lebih mudah, saya kumpulkan semua tutorial pemrograman Delphi pada blog ini dengan label Delphi.

Selamat menikmati…! Coding-coding-codiiiing…!
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)