Ekspresi | Belajar HTML dan PHP | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kemahasiswaan Kilas Santai
PMB Online STMIK Jabar 2021
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Pengobatan Ruqyah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting, CMS Wordpress, Framework Laravel
Inkubator | Daftar Isi | Bisnis Bitcoin | Tools Penting | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Thursday, May 20, 2021

Domain dan Hosting

 Domain

Contoh domain: katabah.com, kompas.com, dan lain-lain. Jika kita mempunyai blog di blogspot, maka kita bisa ubah menjadi domain, misalnya 100papanketik.blogspot.com menjadi katabah.com. Dengan perubahan domain ini, kita bisa membuka blog menggunakan alamat 100papanketik.blogspot.com atau katabah.com

Biaya sewa domain berbeda-beda, tergantung penyedia hosting dan jenis domainnya. Sebagai contoh, domain *.com Rp 150.000an per tahun, *.org Rp 170.000an per tahun (update tahun 2019).


Hosting
Hosting: tempat kita menyimpan data seperti artikel (post). Contoh yang gratis saat kita membuat blog di blogspot.com (hosting-nya: blogger.com), blog di wordpress.com, dan lain-lain.

Adapun penyedia hosting berbayar cukup banyak, baik dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah domainesia.com.

Klik ini untuk sewa domain atau hosting atau teman-teman bisa mencari sendiri di Google dengan keyword penyedia hosting terbaik.

Biaya sewa hosting berbeda-beda pula, tergantung penyedia hosting dan jenis paket hosting-nya. Sebagai contoh, institusi saya sewa Rp 90.000an per bulan (shared hosting), Rp 200.000an per bulan (VPS) [update tahun 2019]. Biayanya ada yang di bawah Rp 90.000 tapi daya tampung pengunjung sangat sedikit. Ada juga yang biayanya di atas Rp 200.000, bahkan untuk VPS kabarnya di atas Rp 400.000 per bulan. Harga dalam kisaran Rp 100.000 - Rp 200.000 menjadi pilihan saya untuk saat ini karena webnya masih relatif baru. Kalau pengunjung semakin banyak, nanti bisa upgrade.

Saya sendiri berlangganan hosting di domainesia.com, antara lain satu akun untuk blog kampus dan latihan saya, satu lagi digunakan untuk kuliah mahasiswa. Jadi, satu akun digunakan oleh satu atau dua kelas. Ternyata cukup juga. hehe Biayanya pun cukup 16.000 per bulan kalau hanya untuk latihan, dengan disk 600 MB. Sedangkan untuk blog cukup juga menggunakan disk 5 GB dengan harga sekitar 70.000.

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di Telegram dan FB Gratis!
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment