Ekspresi | Belajar HTML dan PHP | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kemahasiswaan Kilas Santai
PMB Online STMIK Jabar 2022
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Pengobatan Ruqyah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting, CMS Wordpress, Framework Laravel. Yang Penting ada menu DAFTAR ISI
Daftar Isi | Skripsi | B. Arab | Ruqyah | PrivacyPolicy | Inggris Arab | Google Translate

Wednesday, April 27, 2022

Serunya Kuliah Sekarang?

Banyak alasan untuk kuliah, antara lain menuntut ilmu, membangun relasi, membangun karir, dan alasan lain.

Mau Kuliah, Gak Punya Uang?

Sekarang, sudah banyak peluang untuk kuliah. Yang cerdas bisa mengambil beasiswa prestasi. Yang ekonomi keluarganya masih kurang, bisa memanfaatkan KIP Kuliah. Dengan KIP, kita bisa kuliah gratis, bahkan medapatkan uang saku.

Apakah kuliah itu seru?

Bagi saya dulu walaupun belum banyak program, kuliah itu seru. Apalagi sekarang, kita tidak hanya menuntut ilmu di kelas dan aktif berorganisasi internal kampus. Banyak pihak membuka peluang besar bagi mahasiswa untuk ikut aktif di luar kampus sendiri, antara lain Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan program resmi Kementerian Pendidikan. Ada perguruan tinggi memprioritaskan kegiatan MBKM tersebut untuk mahasiswa semester 5, 6, dan 7. Kesempatan untuk ikut MBKM selama dua semester. Selama dua semester, mahasiswa tidak perlu kuliah ke kampus karena nilai dari kegiatan MBKM akan dikonversi ke mata kuliah kampus. Ada juga yang masih mengharuskan kuliah satu atau dua mata kuliah, tergantung kampusnya.

Kegiatan MBKM antara lain:

1. Magang 

Mahasiswa daftar magang di perusahaan melalui web MBKM. Kesempatan ini selain mendapatkan uang saku dari pemerintah dan skill dari perusahaan, mahasiswa juga berkesempatan direkrut.


2. Studi Independen

Mahasiswa daftar tawaran studi dari lembaga tertentu yang terdaftar di web MBKM. Uang saku tetap akan diperoleh.


3. Kampus Mengajar

Mahasiswa praktek di SD atau SMP yang ditentukan oleh panitia MBKM. Mereka bisa berasal dari prodi kependidikan, bisa juga dari umum, seperti komputer. Kegiatannya, membantu guru mengajar, membereskan administrasi sekolah, dan berinovasi agar sekolah lebih bagus.


4. Pejuang Muda

Program ini mengantarkan mahasiswa saya di Bandung untuk ditugaskan ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Biaya ditanggung oleh pemerintah karena program ini merupakan kerja sama antara Kemendikbud dan Kemensos.


5. Masih ada kegiatan lain.


**

Saya dulu gak mendapatkan fasilitas seenak sekarang. Selain uang saku, mahasiswa MBKM akan menerima beasiswa sebesar 2,4 juta per semester. Sedangkan uang saku Rp 1,2 bulan.

Kenapa masih ragu kuliah?

:)


"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment