Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Sunday, June 19, 2016

Persiapan Menanam Sawi (Sosin)



Hello Katabah!
Sambil menunggu kangkung darat tumbuh tinggi, Abah membuat persiapan untuk segera menanam benih sawi (sosin) dalam pot hari ini (16 Juni 2016).


Apa saja yang dipersiapkan?
1. Pot plastik (polybag) berukuran diameter 20 cm yang sudah diisi tanah
Membeli polybag bisa juga eceran dengan harga Rp 500 per kantong.

2. Membeli bibit sawi (sosin)
Abah membeli yang murah saja Rp 10.000. Ada juga yang harganya Rp 15.000 per kantong.

Harga eceran biji sosin ini memang lebih mahal dari benih kangkung darat yang hanya Rp 5.000 per kantong plastik. Namun, Abah belum membandingkan berapa butir total biji kangkung darat dalam satu kantong plastik karena tidak ada tulisan di kantongnya.

Begitu juga dengan benih sosin, tidak ditemukan total bijinya, namun ada keterangan “Isi bersih: 25 GR”. Bahkan ada keterangan kadaluarsa juga. Punya Abah kadaluarsanya 18-05-17. Berarti masih ada waktu setahun kemudian untuk tetap disimpan di kantong plastik. Jadi, tidak perlu terburu-buru menanamnya sampai habis ya….he..he..

Jenis benih sawinya juga tertera di kantong plastik tersebut, yakni caisim. Dalam kantongnya tertulis “SRI TANJUNG (Caisim)”. Ukuran bijinya lebih kecil dari biji kangkung darat. Oleh karena itu, kita harus lebih berhati-hati ketika menuangkan biji sawi agar tidak lari sendiri (sangat kecil….!). Hi..hi…

Keterangan:
Pada tulisan di atas, Abah menyebutkan dua istilah “sosin” dan “sawi”. Kenapa? Karena Abah belum bisa benar-benar membedakan keduanya. Sayuran yang serupa dengan sawi itu ada beberapa istilah, antara lain: sawi, sosin dan pecay.

Para penjual mampu membedakan ketiga jenis sayuran tersebut, padahal Abah sendiri melihatnya hampir sama. Kalau sekilas, Abah melihatnya sama. Kecuali kalau sudah diberitahu oleh pedagangnya. Eh, kalau pecay itu lebih kecil-kecil dan pendek-pendek. Tinggal nanti, Abah harus membedakan sosin dan sawi.

Istilah yang bertebaran di internet adalah sawi, sedangkan istilah yang bertebaran di pasar tradisional adalah sosin. Bahkan Abah ingin menganggapnya sama. He..he.. Nanti lah belajar lagi. OK!
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)