Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Wednesday, February 15, 2012

Pengertian Usable dalam Kajian dan Definisi WEB USABILITY 5-6

Menurut standar ISO9241, kebergunaan (usability) mengacu pada seberapa efisien, efektif, dan akurat suatu produk.

Hal-hal di bawah ini termasuk dalam pengertian ‘usable’:

·         nama domain mudah diingat.

·         waktu muat yang cepat.

·         memiliki ‘favicon’ yang unik.


·         judul halaman yang mendahului nama situs, tercetak di sisi atas peramban.

·         warna dan komposisi desain grafis yang nyaman di mata.

·         pertanyaan “Ini Web tentang apa” mudah ditemukan jawabannya.

·         tampilan Web yang konsisten di tiap halamannya.

·         menu navigasi memiliki label/nama seperti yang umum digunakan.

·         informasi pengelola, alamat kontak, dan daftar isi mudah ditemukan dan digunakan.

·         ada kotak penelusuran.

·         judul mencerminkan isi.

·         tanpa harus berpikir berat lagi, teks bergaris bawah adalah pranala yang bisa diklik.

·         jika pranala harus terbuka di jendela yang baru, ada peringatan pada pengguna.

·         kata-kata ‘klik di sini’, tombol ‘read more’, ‘reply’, mungkin sudah cukup ‘usable’ untuk ‘click to action’.

·         dan sebagainya.

-----

Sumber: Dani Iswara. Beda Web Usability dan Aksesibilitas Web. August 12, 2010.  http://daniiswara.com/

Nama  file asli: (format html)

======



Usability adalah ukuran kualitas pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan sebuah website. Navigasi yang Anda menerapkan di situs Anda mungkin adalah aspek yang paling penting dari kegunaan,

-----

Sumber: E-commerce Daftar Belanja Software Usability, adalah Pelanggan Anda frustrasi. http://id.hicow.com

Nama  file asli: (format html)

***




Usability adalah kegunaan, bagaimana suatu produk bisa berguna, dan dapat dengan mudah (dan baik) dipergunakan.

Menurut Jakob Nielsen, Usability meliputi: Learnability (fungsi-fungsi dasar produk mudah dioperasikan sejak awal), Efficiency (fungsi-fungsi produk dapat dengan cepat dipergunakan), Memorability (setelah pengguna meninggalkan system dalam waktu lama, lalu bisa dengan mudah mengerti lagi cara penggunaannya), Errors (seberapa banyak dan serius kesalahan penggunaan produk, dan bagaimana pengguna dapat memperbaiki kesalahan), Satisfaction (seberapa puaskah pengguna?).

-----

Sumber: Qonita Shahab. 2011. Pengujian Usability dan Contoh Kasusnya. http://dailysocial.net

Nama  file asli: (format html)




PENTING:

Apabila tulisan ini termasuk pelanggaran hak cipta, semuanya semata-mata karena ketidak-tahuan penulis, silahkan kirimkan pesan/teguran ke e-mail ktasdik1[at]gmail.com atau di kotak pesan yang disediakan. Penulis akan segera memperbaiki atau menghapusnya. Terimakasih.

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment