Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Monday, November 12, 2012

TOPIK ARTIKEL ADSENSE HARUS FOKUS


TOPIK ARTIKEL ADSENSE HARUS FOKUS

Agar sukses dalam bisnis Google Adsense banyak para blogger yang menyarankan harus fokus pada satu topik blog, misalnya blog tentang olah raga, maka yang nambah-nambah menulis tenang seni; blog tentang kesehatan, tidak boleh dicampur dengan topik tentang komputer, dan contoh lainnya.

Memang saya juga menyadari, alangkah terlihat bonafidnya suatu blog apabila isinya spesifik tapi lengkap, daripada bidangnya sangat banyak, tapi jarang sekali ditemukan artikel yang menarik.

Terlepas dari konsep di atas. Ternyata saya masih kesulitan untuk konsentrasi pada satu topik (bahkan bagusnya micro niche). Akhirnya, saya menulis apa yang saya mau saja, yang penting blog update dulu. Namun labelnya dipisah, misalnya saya menulis artikel tentang keberadaan sosial masyarakat miskin di blog tentang sistem informasi, maka saya meletakkannya di label “Lain-Lain”. Sementara artikel tentang sistem informasi yang merupakan topik utama pembahasan blog saya diletakkan di label “Komputer”.

Kenapa saya melakukannya demikian?
Memang, apabila kita sudah bisa fokus update satu topik itu lebih baik. Namun apabila belum mampu, maka yang penting blog kita menyediakan artikel baru untuk para pengunjung. Dalam beberapa waktu ke depan, saya menduga akan terjadi seleksi alam di mana semakin lama kita blogging, maka akan semakin menemukan bidang kajian spesialisasi kita. Dengan demikian, biarlah blog lama yang masih campuran itu jadi saksi belajar blogging kita, selanjutnya kita buat blog baru dengan topik khusus yang sudah teruji konsistensi kemampuan dan daya tarik kita di blog lama tadi.

Akhirnya, kita akan memiliki dua blog, pertama blog lama tentang topik campuran. Kedua blog baru dengan topik khusus. Saya memperkirakan keduanya akan menghasikan uang, kalau dimanage dengan baik. Tinggala pertnyaannya, manakah yang lebih besar? Kita amati bersama-sama.

Satu lagi yang memotivasi saya untuk tetap blogging walaupun masih campur-campur:
Para pengunjung blog saya pada dasarnya memiliki tujuan mencari topik tentang teori komputer atau pendidikan, namun tidak menutup kemungkinan juga mereka sedang jenuh. Dengan situasi jenuh itu, boleh jadi mereka membaca tulisan tambahan di blog saya selain tentang komputer dan pendidikan yang notabene bahasannya serius, misalnya mereka malah “membaca kiat sukses kuliah”. Ini lumayan menambah traffic juga, bukan?

Pokoknya, tidak alasan menunda untuk blogging. Ilmu blogging terus gali, tapi prakteknya juga jangan ditunda. Jangan biarkan kita terus belajar ternak ayam di kertas seperti banyak dilakukan mahasiswa, tapi segeralah ternak ayam di lapangan walaupun jumlahnya hanya satu atau dua ekor.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment